Kawanan Monyet Liar di Pemukiman Warga Bandung Bukan dari Hutan, Ini Penjelasan BBKSDA

Kawanan monyet liar di pemukiman warga Bandung
Kawanan monyet liar di pemukiman warga Bandung. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG – Media sosial sempat dihebohkan dengan beredarnya sebuah video yang memperlihatkan beberapa ekor monyet liar berlarian di pemukiman warga Bandung. Kawanan monyet liar tersebut dinarasikan turun dari hutan sebagai tanda akan terjadi bencana.

Menanggapi video tersebut, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat menduga kawanan monyet liar tersebut bukan berasal dari hutan. Alasannya, lokasi yang didatangi kawanan monyet tersebut berada di tengah kota, yang jauh dari hutan.

Baca Juga:  Asyiknya Melihat Sunres dan Sunset di Gunung Tilu Majalengka

Kepala Seksi Bidang Perencanaan, Perlindungan, dan Pengawetan BBKSDA Jawa Barat, Rifki M Sirojan mengatakan, kawanan monyet liar kecil kemungkinan melakukan perjalanan yang sangat jauh dari hutan dan masuk ke pemukiman warga yang berada di tengah perkotaan.

Baca Juga:  LSI: Isu Receh Tidak Beri Dampak Elektoral Yang Signifikan

“Bukan dari hutan, karena hutan kita ini di kaki Gunung Manglayang jauh sekali, apalagi ada jalan raya, pemukiman, nggak mungkin,” kara Rifki, Rabu (30/11).

Baca Juga:  Tiga Remaja Mabuk Bacok Seorang Pemuda di Sukabumi, Begini Kronologinya

Rifki pun menduga kuat kawanan monyet tersebut lepas dari kandangnya atau sengaja dilepaskan oleh pemiliknya. Karena, kata dia, sejauh ini kasus monyet yang berkeliaran di perkotaan disebabkan lepas dari kandangnya. Terlebih, setelah ditelusuri kawanan monyet liar tersebut hanya berjumlah 4 ekor.