Kebakaran di TPAS Cikolotok, Sebabkan Polusi Udara di Purwakarta

Polusi Purwakarta
Kondisi TPAS Cikolotok Purwakarta. (Foto: Gin/JabarNews).

JABARNEWS | PURWAKARTA – Hingga Jumat, 13 Oktober 2023, kebakaran yang melanda Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Cikolotok, Desa Margasari, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Purwakarta masih terjadi.

Pantauan dilokasi, api masih menyala dipermukaan sampah di sejumlah titik, namun kobaran api sudah jauh mengecil dibanding sebelumnya.

Baca Juga:  Penyaluran BLT BBM di Jabar Baru Capai 45,51 Persen

Sementara kepulan asap masih mebumbung tinggi yang dimungkinkan didalam tumpukan sampah masih terdapat api yang menyala, dari 1.400 meter persegi yang terbakar, petugas berhasil menyekat dan hanya tersisa 902 meter persegi lahan yang masih ada kepulan asapnya.

Baca Juga:  Operasi Keselamatan Lodaya 2024, Polres Purwakarta Gencar Edukasi Warga

“Mudah-mudahan dengan hari ini penyemprotan kami sangat berharap hari ini terakhir, tetap karena udah beberapa kali terjadi ketika api sudah habis kita berupaya untuk dalamannya (sampah) itu kita basahi, kemungkinan soalnya asap masih mengepul api masih ada,” Ucap Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Purwakarta, Deden Guntari, Pada Jumat, 13 Oktober 2023.

Baca Juga:  Kata Bawaslu Kota Bogor Soal Dugaan Penggunaan Bus Uncal untuk Kampanye Parpol

Deden mengakui, dampak dari kebakaran ini menyebabkan polusi udara dari kepulan asap yang menyebar, akan tetapi ia berharap agar api tidak kembali menyala dan tidak meluas.