Kemenag Purwakarta Lakukan Pembinaan Moderasi Beragama di Madrasah Aliyah

Kemenag Purwakarta
Kegiatan pembinaan moderasi beragama di MAN 1 Purwakarta. (Foto: Gin/JabarNews).

JABARNEWS | PURWAKARTA – Deklarasi gerakan siswa moderat sejumlah madrasah di Kabupaten Purwakarta beberapa bulan lalu langsung ditindaklanjuti. Tidak hanya gerakannya yang makin digencarkan. Ruang diskusi moderasi beragama juga semakin masif dilakukan.

Gerakan moderat sejak dini kian gencar dilakukan Kantor Kementerian Agama (Kemanag) Kabupaten Purwakarta, seperti yang dilakukan di MAN 1 Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga:  Jaga Kesucian Bulan Ramadhan, TNI dan Polri di Purwakarta Lakukan Patroli Gabungan

Kepala Kemenag Kabupaten Purwakarta, H. Sopian, mengajak kepada seluruh siswa siswi Madrasah Aliyah untuk memiliki jiwa yang moderat.

“Bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku, bahasa dan agama memerlukan cara pandang beragama yang moderat, dimana pemahaman agama dan pengamalan ajaran agama dengan tidak ekstrem, baik ekstrim kanan maupun ekstrem kiri,” ungkap H. Sopian, pada Selasa, 31 Oktober 2023.

Baca Juga:  Miris! Pelajar SMP di Purwakarta Kendalikan Peredaran Narkotika di Tiga Wilayah

Dengan kegiatan seperti ini, lanjut dia, agar para siswa madrasah bisa memahami dan menyikapi keragaman pemahaman dan pandangan secara baik dan moderat, tidak ekstrem atau berlebihan.

Baca Juga:  Jelang Lebaran, Lapas Kelas IIB Purwakarta Gelar Apel Siaga Gabungan TNI-Polri