Liburan Nataru, Dinkes Garut Siagakan Puluhan Sepeda Motor Ambulans

JABARNEWS | GARUT – Dalam upaya membantu percepat evakuasi penanganan medis saat terjebak macet, Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyiagakan 30 unit sepeda motor ambulans selama operasi pengamanan Natal dan Tahun Baru.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Maskut mengatakan pihaknya siap membantu jajaran kepolisian dalam operasi pengamanan Natal dan Tahun Baru dengan menyiapkan tim medis dan peralatan penunjang lainnya.

Baca Juga:  Gus Halim: Smart Village Harus Sejalan dengan Kearifan Lokal, Jangan Matikan Tradisi

“Mobil, ada juga motor ambulans sudah kita siapkan untuk siaga pengamanan Natal dan Tahun Baru,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Garut Maskut kepada wartawan di Garut, Selasa (24/12/2019).

Dinkes Garut, lanjut dia, menyiapkan sepeda motor ambulans yang dilengkapi dengan peralatan medis penanganan awal bagi pasien sebelum akhirnya dibawa menggunakan mobil ambulans untuk menuju rumah sakit.

Baca Juga:  Begini Ramalan Cuaca Jawa Barat Selasa 6 Juni 2023

“Motor ambulans itu disiapkan di masing-masing Puskesmas, jika dibutuhkan akan datang ke lokasi, lalu pasiennya dibonceng,” kata Maskut.

Ia menyampaikan khusus pengamanan Natal dan Tahun Baru menerjunkan tim medis yang siaga di pos utama yang didirikan kepolisian yakni di jalur Limbangan dan Kadungora.

Seluruh Puskesmas di Garut, kata dia, sudah diperintahkan untuk siaga selama 24 jam melayani warga, khususnya pengguna jalan yang melakukan perjalanan saat libur Natal maupun Tahun Baru.

Baca Juga:  Bupati Bandung Barat Soroti Kebersihan Kantor PBB

“Di Puskesmas ini ada dua dokter, satu siaga, perawatnya ada enam orang yang siap memberikan pelayanan,” katanya.

Sementara itu, petugas medis dari Dinkes Garut juga disiagakan di tempat wisata untuk memberikan penanganan cepat apabila ada warga yang membutuhkan bantuan medis. (Ara)