Lima Pendaki yang Hilang dan Tersesat di Gunung Guntur Garut Akhirnya Ditemukan

Petugas saat mengevakuasi pendaki yang tersesat di Gunung Guntur, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (22/10/2022). (Foto: Basarnas).

“Pelapor mengaku kehilangan arah dan memutuskan untuk mendirikan tenda karena cuaca di lokasi pada saat kejadian hujan,” tuturnya.

Petugas gabungan yang datang ke lokasi akhirnya berhasil menemukan keberadaan pendaki, kemudian dibawa menuju Pos 3 Pendakian Gunung Guntur untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Baca Juga:  Soal Program Digital, Diskominfo Cianjur: Menkominfo Ajak Koordinasi Seragamkan Data Keluarga Miskin

Kepala Polsek Tarogong Kaler Ipda Budiman yang juga turun melakukan pencarian dan evakuasi pendaki mengatakan jajarannya langsung menuju lokasi jalur pendakian setelah mendapatkan adanya informasi lima pendaki tersesat.

Baca Juga:  Meski Ada Konflik Dosen dan Rektorat, ITB Kegiatan Akademik Tetap Berjalan

Dia menyampaikan pendaki itu tidak tahu arah karena salah jalur setelah melewati pos pertama di Gunung Guntur. “Mereka bertahan di dalam tenda karena di kawasan Gunung Guntur masih diguyur hujan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Anggaran Perbaikan Rumah Tak Layak Huni di Garut Capai Rp11 Miliar Lebih

Tim gabungan yang terlibat yakni Basarnas, BPBD Garut, Jabar Quick Response Priatim, kepolisian, TNI, BKSDA Garut, petugas jaga Gunung Guntur, Tagana, SAR Pramuka, masyarakat umum dan sukarelawan lainnya. (Red)