Longsor di Jembatan Cigudig, Akses Lalu Lintas Bogor-Puncak-Sukabumi Terhambat

Jalur alternatif Cianjur-Jonggol terputus akibat longsor
Ilustrasi bencana longsor. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BOGOR – Sebuah bencana longsor terjadi tepat di bawah Jembatan Cigudig, Jalan Raya Wangun, Tajur, Kota Bogor, Jawa Barat. Tembok penahan tanah atau turap di bawah jembatan tersebut longsor setelah mengalami pengikisan.

Diketahui, jembatan Cigudig ini merupakan akses utama untuk perjalanan antara Bogor-Puncak-Sukabumi bagi kendaraan non-tol. Akibat longsor kali ini, kendaraan yang melintasi jalur tersebut mengalami hambatan.

Baca Juga:  Disatroni Pencuri, Uang Puluhan Juta dan Genset Minimarket di Kabupaten Purwakarta Raib

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor menyebut telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) untuk menutup sebagian jalan di sekitar area tersebut.

Baca Juga:  Ini Alasan Polda Jabar Larang Sahur on The Road, Berpotensi Kericuhan?

Tindakan ini diambil untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya longsor susulan. Longsor ini mengakibatkan tumpukan tanah setinggi sekitar 7 meter dan lebar 8 meter menutupi aliran Kali Cibalok. Kejadian longsor ini terjadi di perbatasan antara Kelurahan Sindangsari dan Kelurahan Muarasari.

Baca Juga:  Heboh Bayi Tertukar di RS Santosa Bogor, Bagaimana Bisa Terjadi?

“Tanah longsor setinggi kurang lebih 7 meter dan lebar 8 meter ini terjadi pada Jembatan Cigudig aliran Kali Cibalok. Akibatnya puing-puing longsoran sebagian menutupi aliran Kali Cibalok,” tulis @bpbd.kotabogor dalam akun Instagramnya, Sabtu (14/10/2023).