Masyarakat di Kota Cimahi Diminta Waspadai Potensi Bencana Dampak Cuaca Ekstrem

Ilustrasi potensi Rob di Pantai Selatan. (Foto: Dodi/JabarNews).

JABARNEWS | CIMAHI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi meminta masyarakat untuk waspada dalam meghadapi cuaca ekstrem yang berpotensi menimbulkan bencana alam.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Cimahi Asep Bahtiar mengatakan bahwa berdasarkan prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), di bulan Maret dan April cuacanya masih basah kering. Sehingga potensi terjadinya hujan deras masih sangat mungkin terjadi.

“Berdasarkan prediksi BMKG, bulan Maret-April ini cuacanya masih basah kering. Jadi menurut BMKG Maret-April ini kita harus waspada terkait dengan cuaca ekstrem,” kata Asep dalam keterangan yang diterima, Rabu (6/4/2022).

Baca Juga:  Duh, Tukang Cilok Tiba-tiba Ngaku Nabi Utusan Allah, Lihat deh Jadinya

Dia menyampaikan, ada berbagai potensi bencana alam yang mengintai Kota Cimahi ketika memasuki cuaca ekstrem. Seperti angin puting beliung, longsor hingga banjir.

“Kita antisipasinya lebih ke longsor, sebab banyak pohon-pohon di jalan yang tumbang, kita antisipasi untuk angin puting beliung, banjir. Kemudian ada juga potensi longsor,” tuturnya.