Masyarakat Diminta Waspadai Kasus Gangguan Ginjal Akut, Segera Periksa Jika Anak Alami Gejala Ini

Ilustrasi pemeriksaan penyakit gangguan ginjal akut pada anak. (Foto: Only My Health).

JABARNEWS | BANDUNG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Barat mengimbau masyarakat agar waspada dalam kasus gangguan ginjal akut.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinkes Jabar Ryan Bayusantika Ristandi meminta masyarakat segera ke dokter atau layanan kesehatan jika anak di bawah usia lima tahun mengalami gejala yang mengindikasikan gagal ginjal akut.

Baca Juga:  Cek Lokasi SIM Keliling Kota Bandung Hari Ini 21 Juni 2022

“Bila ada gejala demam, sesak napas, penurunan kesadaran, bengkak, buang air kecil sedikit atau sama sekali tidak buang air kecil, segera bawa ke rumah sakit dan penuhi anjuran pemerintah,” kata Ryan dalam keterangan yang diterima, Sabtu (22/10/2022).

Baca Juga:  Jabar Terima Penghargaan Investasi Terbaik 2021, Uu Ruzhanul Ulum: Ekonomi dan Daya Beli Masyarakat Naik

Sebelumnya, Dinkes Jabar mencatat, hingga 20 Oktober 2022, tercatat sebanyak 25 kasus. Dari 25 kasus tersebut, 15 penderita di antaranya meninggal dunia.

Baca Juga:  Polresta Bandung Berhasil Amankan Lima Pelaku Pencurian Dengan Pemberatan

“Data sementara yang kita catat ada 25 kasus di Jabar hingga 20 Oktober, dan 15 di antaranya meninggal dunia. Kita bekerja sama dengan IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) dan terus berkoordinasi dalam penanganan wabah ini,” ucap Ryan.