Mengenal Ragam Jenis Madu Asli Indonesia Yang Memiliki Banyak Manfaat

JABARNEWS | BANDUNG – Madu merupakan salah satu obat atau penambah makanan yang sering dikonsumsi. Pada umumnya madu memiliki rasa yang manis dan mengandung banyak manfaat.

Indonesia sebagai negara tropis ternyata memiliki berbagai jenis madu dari sekian banyak ratusan madu yang tersebar di seluruh bagian dunia.

Oleh sebab itu berikut beberapa jenis madu asli Indonesia yakni:

Pertama. Madu kelulut – Madu Kelulut merupakan salah satu jenis madu Asli Indonesia, Biasanya madu jenis ini memiliki rasa yang berbeda dari madu biasanya yakni memiliki sedikit rasa asam.

Baca Juga:  PPSDM Telah Luluskan Puluhan Ribu Alumni Pelatihan dan Sertifikasi Bidang KEBTKE

Selain itu, Warnanya hitam dan memiliki rasa manis yang bercampur dengan sedikit asam. Madu yang dihasilkan oleh lebah kelulut ini punya banyak khasiat untuk tubuh. Salah satunya adalah bermanfaat untuk mengatasi penyakit kronik.

Kedua. Madu hutan Sumatera – Jika mengaku sebagai penggemar madu, kamu pasti pernah mencoba madu yang satu ini. Pasalnya, madu hutan Sumatera adalah salah satu madu khas tanah air yang populer dan banyak dijual di pasaran.

Biasanya madu ini dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh, menjaga stamina, dan mengoptimalkan proses pemulihan dari penyakit. Tentunya madu Asli asal Indonesia ini bisa kalian coba.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Usulkan Vaksinasi Covid-19 Dilakukan dari Rumah ke Rumah

Ketiga. Madu Rambutan – Untuk jenis madu asli Indonesia yang ketiga ini yaitu Madu Rambutan, Madu jenis ini memiliki rasa yang unik. Sebagaimana namanya madu ini memiliki rasa yang sama seperti buah rambutan.

Selain itu, Madu ini memiliki warna kuning tetapi tidak keruh seperti madu kebanyakan. Khasiat yang ditawarkan oleh madu rambutan cukup menggiurkan. Mengkonsumsi madu asli Indonesia ini dapat membantu mengoptimalkan kinerja ginjal, melancarkan urine, mengatasi sakit pinggang, dan lainnya.

Baca Juga:  Miris, Berebut Air Bersih Omas Harus Meregang Nyawa

Keempat. Madu hutan Timor – Madu hutan Timor Indonesia ini merupakan salah satu madu yang termasuk kedalam tiga besar madu terbaik di Dunia, Selain memiliki rasa yang manis madu ini juga memiliki banyak manfaat.

Madu ini dihasilkan dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Dari segi kualitas, madu ini tidak perlu diragukan lagi. Madu hutan Timor bahkan disebut sebagai madu dengan kualitas terbaik ke-3 di dunia setelah Yunani dan Australia. (Red)