Mengenal Sosok Akiat Sang Juara Dunia Layangan dari Kota Bandung

sang juara dunia dalam turnamen layangan Lei Fie Kiat atau Koh Akiat. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Indonesia pernah memiliki sosok yang mengharumkan nama negara Indonesia pada kancah internasional di dunia layangan. Lei Fie Kiat, atau yang lebih dikenal Koh Akiat, adalah sang juara dunia dalam turnamen layangan.

Ditemui di kediamannya, Akiat menceritakan banyak kisah hidupnya semasa kecil hingga akhirnya berhasil menang dalam turnamen layangan dunia.

Baca Juga:  Warga Keluhkan Kebersihan Masjid Al-Jabbar, Sempat Viral Penuh Sampah

Awal kisah Akiat dimulai pada 1965 di usia 10 tahun. Untuk mendapatkan uang jajan tambahan, Akiat membuat dan menjual layang-layang di daerah Kiaracondong sembari melihat orang-orang bermain layangan.

Baca Juga:  Wah! Dua Juta Warga Pilih Berobat ke Luar Negeri, Indonesia Kehilangan Devisa Rp165 Triliun

Menjual layang-layang masih terus dilakukan dan menyambi menjadi pelayan toko di tahun 1974. Di tahun 1986, Akiat akhirnya mengontrak sebuah rumah di Gg. Sereh No.3, Cibadak, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, dan membuka toko layang-layang.

Baca Juga:  Polemik Domisili Bank Sampah di Katapang Berlanjut, Ini Kata Kades Kalijaya

Di Gang Sereh, Akiat tak hanya berjualan layangan. Beliau pun ikut bermain dengan warga sekitar, mempelajari teknik bermain layangan, yang akhirnya membuat Akiat jatuh cinta dengan layang-layang dan makin mempelajari lebih dalam tentang layangan.