Meski Nol Kasus, Warga Jabar Tetap Diminta Waspada Soal Penyakit Rabies

Kemenkes temukan ribuan kasus rabies selama tahun 2023
Kemenkes temukan ribuan kasus rabies hingga April 2023. (foto: istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG – Pemda Provinsi Jawa Barat secara berkelanjutan mewaspadai kasus rabies dengan melakukan berbagai antisipasi, meski menjadi salah satu provinsi yang nol kasus Rabies.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jabar Supriyanto menuturkan, tidak ada kasus Rabies di Jabar, baik pada hewan maupun manusia, dalam dua tahun terakhir. Hal itu sejalan dengan misi “Menuju Jabar Bebas Rabies”.

Baca Juga:  Ini Penjelasan Kominfo Soal Tanda Tangan Elektronik Sah atau Tidak

Menurut Supriyanto, ada beberapa kebijakan dan strategi Pemda Provinsi Jabar dalam mewujudkan misi “Menuju Jabar Bebas Rabies”, mulai dari pengawasan lalu lintas Hewan Pembawa Rabies (HPR), pelibatan masyarakat dalam pencegahan dan pengamatan Rabies, vaksinasi, surveilans penyakit, koordinasi, sampai komunikasi informasi dan edukasi pada masyarakat.

Baca Juga:  Dedi Mulyadi: Tak Habis Pikir, Kapal Isap yang Merusak Ekosistem Laut Malah Dilegalkan

Supriyanto juga menyatakan, kesadaran masyarakat pemilik HPR untuk memvaksin hewan peliharaannya terus meningkat.

“Peningkatan kesadaran ini buah dari sosialisasi Pemda Provinsi Jabar kepada masyarakat, serta adanya pemberitaan terkait rabies pada manusia di provinsi lain yang ikut menggugah kesadaran untuk melaksanakan vaksinasi,” ucap Supriyanto, Rabu, 21 Juni 2023.

Baca Juga:  Gratis! Tol Layang Japek Bisa Dilintas Saat Tahun Baru