Musim Panen Tahun Ini Petani Jahe di Pangandaran Rugi Besar, Gegara Harga Anjlok

Komoditas jahe. (Foto: pixabay.com)

JABARNEWS | PANGANDARAN – Anjloknya harga komoditas jahe memberikan dampak yang cukup signifikan bagi petani di Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran. Pasalnya kini harga jahe berkisar Rp3.000 per kilogram.

Seorang petani jahe, Adis Rifai mengatakan, penurunan harga jahe sudah terjadi sejak tahun lalu. Tahun lalu harga jahe mencapai Rp 14.000 hingga Rp 15.000 per kilogram. Sedangkan kini turunnya sangat drastis.

Baca Juga:  Soal Ayah di Pangandaran Bunuh Bayinya Sendiri, Dokter Forensik Bilang Begini

“Musim panen tahun ini harga jahe anjlok, jauh dari yang kita harapkan. Karena saat ini hanya 3 ribu rupiah per kilogramnya. Harga itu jauh menurun jika dibandingkan tahun kemarin yang tembus hingga 14 sampai 15 ribu rupiah per kilogramnya,” katanya, Jumat (28/07/2022).

Baca Juga:  Hore, Belasan Warga Binaan di Lapas Purwakarta dapat Asimilasi Rumah

Padahal, lanjut Adis, para petani membeli benih jahe dengan harga yang cukup mahal. Jika waktu itu harga di pasaran Rp 14.000 per kilogram, maka untuk benih jauh lebih mahal.

Baca Juga:  Warga Berhasil Tangkap Biang Kerok Perusak Tanaman Petani di Kawali Ciamis, Ini Sosoknya

“Bisa mencapai 20 ribu rupiah per kilogram. Makanya dengan harga 3 ribu rupiah saat ini saya sangat kecewa,” terangnya melansir dari harapanrakyat.com.