Pelantikan Apdesi Karawang, Uu Ruzhanul Ulum Sampaikan Pesan Ini

JABARNEWS | KARAWANG – Asosiasi Perangkat Desa (Apdesi) Kabupaten Karawang menggelar acara pelantikan pengurus periode tahun 2020-2025 di Aula Husni Hamid Komplek Pemda Kabupaten Karawang, Selasa (3/11/2020).

Pelantikan tersebut dihadiri Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum yang mengatakan, pemerintah desa memiliki tugas untuk membina masyarakat mulai dari keimanan sehingga tercapainya ‘Jabar Juara Lahir Batin’.

“Atas nama Pemprov dan saya pribadi, saya menghaturkan selamat atas dilantiknya pengurus Apdesi Kabupaten Karawang,” kata Uu Ruzhanul Ulum, Selasa (3/11/2020).

Baca Juga:  DPD Forum Santri Indonesia Jabar Gelar Istigosah Akbar

“Disamping menjalani roda kepemerintahan dan kemasyarakatan, Pemdes memiliki tugas untuk membina keimanan masyarakat sesuai dengan jargon Provinsi Jawa Barat yaitu Jabar Juara Lahir Batin, ini harus diimplementasikan semua desa yang ada di Jabar tak terkecuali di Kabupaten Karawang” lanjut Uu Ruzhanul Ulum.

Menurutnya, ada tiga hal yang perlu diperhatikan oleh para Kepala Desa, pertama Kades harus berbaur dengan para ulama dan kiyai di lingkungannya masing-masing untuk membina akhlak dan moral.

Baca Juga:  Selain Inventaris Sekolah, Maling Gasak Kotak Amal 

“Kedua, Kades juga harus mampu memberikan kecukupan terhadap kesejahteraan masyarakat. Makannya perlu ada komunikasi dengan Pemkab,” kata Uu Ruzhanul Ulum yang juga mantan Bupati Tasikmalaya itu.

Kemudian, ketiga Uu Ruzhanul Ulum menambahkan, Pemdes harus bisa memberikan rasa aman, nyaman dan tentram kepada masyarakat dengan cara melakukan kolaborasi dengan pihak keamanan dan juga kembali menggiatkan aktivitas ronda di setiap desa.

Baca Juga:  Limbah Cemari Sungai, PT GWP Sukabumi Cuek Aja

“Apdesi dan Forum BPD (Badan Permusyawaratan Desa) dan PPDI (Pengurus Perangkat Desa Indonesia) itu harus beriringan, jangan saling salip kepentingan. Saya mengajak, mari bahu membahu membangung peradaban di desa-desa yang baldatun toyyibatun warobbun ghofur,” pungkasnya. (Red)