Pemerintah Pusat Petakan Penyaluran Bantuan Lombok

JABARNEWS | JAKARTA – Pemerintah pusat petakan penyaluran korban gempa Lombok dengan koordinasi sektoral sembilan cluster sesuai prinsip 4W (Who does What in Where and When/ Siapa melakukan Apa, Dimana dan Kapan).

Menurut Tenaga Ahli Kebencanaan Kantor Staf Presiden Roy Abimanyu, dengan koordinasi 4W tersebut, persoalan bantuan bisa diselesaikan baik oleh negara non negara atau masyarakat sipil, sehingga percepat pemulihan.

Baca Juga:  Waduh! Seorang Santri di Tasikmalaya Jadi Korban Asusila Sesama Jenis

Koordinasi cluster bis mengkombinasi kemampuan yang ada untuk menutup kekurangan kebutuhan di lapangan, bentuknya bisa pembagian wilayah kerja atau kerjasama operasional.

Baca Juga:  Bejat!!! Seorang Ayah di Tangerang Tega Perkosa Anak Kandungnya yang Berusia 16 Tahun

“Terpenting dalam masa tanggap darurat adalah memenuhi layanan, kebutuhan dasar para korban dan pengungsi sehingga mereka dapat segera bergerak ke fase berikutnya,” imbuhnya dilansir laman nawalaksp.id.

Sembilan cluster tersebut terang Roy yakni penyelamatan dan evakuasi (SAR), logistik (BPBD Provinsi NTB), Kesehatan (Kadis Kesehatan), pemulihan sarana prasarana (Kadis PU), pengungsian (Kadis Sosial), pendidikan (Kadis Pendidikan), Keamanan (Polda NTB), dan perumahan (Kimpraswil). (Har)

Baca Juga:  Kodim 0608 Cianjur Rehab Rutilahu Warga Kampung Maleber

Jabarnews | Berita Jawa Barat