Pemerintah Salurkan Bantuan Beras bagi 4,4 Juta Lebih Warga Jawa Barat

Ilustrasi penyaluran bantuan cadangan beras pemerintah kepada warga
Ilustrasi penyaluran bantuan cadangan beras pemerintah kepada warga. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG – Penyaluran bantuan cadangan pangan beras bagi lebih dari 4 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di Jawa Barat telah dimulai sebagai tahap pertama pada tahun 2024.

Langkah ini merupakan bagian dari program Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) yang dikoordinasikan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat, Perum Bulog Wilayah Jawa Barat, dan PT. Pos Indonesia Regional 2 dan 3 Wilayah Jawa Barat.

Baca Juga:  Pemerintah Gelontorkan Anggaran Rp1,2 Triliun untuk Infrastruktur Jalan di Jawa Barat

Presiden Jokowi telah mengamanatkan penyaluran CPP untuk memberikan bantuan pangan kepada lebih dari 22 juta KPM untuk komoditas beras, dengan setiap keluarga menerima alokasi 10 kg beras.

Baca Juga:  Bank BJB Sayangkan Pemberitaan Dugaan Penyelewengan Dana BLT di Bekasi yang Tendensius

Menurut Kepala Bidang Ketersediaan dan Distribusi DKPP Jabar, Neni Fasyaini, sumber data KPM berasal dari data P3KE Kemenko PMK yang diserahkan kepada Badan Pangan Nasional. Sementara mekanisme penyaluran mengacu kepada petunjuk teknis dari Badan Pangan Nasional Republik Indonesia.

Baca Juga:  Waduh! Sembilan Orang Tewas Akibat Miras Oplosan di Subang

“Sumber data KPM berasal dari data P3KE Kemenko PMK yang diserahkan kepada Badan Pangan Nasional, dilanjutkan dengan Penugasan Kepada Perum BULOG untuk penyaluran Bantuan Pangan Komoditas Beras,” ujar Neni.