Pemkot Bogor Banyak Temukan Kecurangan dalam PPDB 2023, Sanksi Menanti Siswa

PPDB Kota Bogor banyak ditemukan kecurangan
PPDB Kota Bogor banyak ditemukan kecurangan. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG – Dugaan kecurangan banyak ditemukan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2023 di Kota Bogor, Jawa Barat. Aksi kecurangan itu banyak dilakukan para siswa yang mendaftar melalui jalur zonasi dengan cara memanipulasi kartu keluarga (KK).

Baca Juga:  BPBD Jabar Nyatakan Status Tiga Daerah Ini Siaga Darurat Kekeringan

“Ada yang pindah KK, ada yang KK-nya yang ditambahkan, ada yang betul-betul palsu. Nanti akan kita catat semua indikasi itu,” kata Wali Kota Bogor, Bima Arya kepada awak media.

Menurutnya, modus kecurangan PPDB ini bukanlah hal baru. Hal serupa juga banyak ditemukan dalam PPDB tahun-tahun sebelumnya. Terutama di sekolah-sekolah favorit.

Baca Juga:  Timnas U-23 Uji Coba Lawan Thailand, Jajal Kemampuan Pemain Senior

Berdasarkan data Pemkot Bogor, sedikitnya ada 300 aduan kecurangan pada PPDB tahun 2023. Salah satu modusnya dengan cara mengakali sistem zonasi. Modus kecurangan ini seperti numpang KK, manipulasi KK hingga KK palsu.

Baca Juga:  BPJS Ketenagakerjaan Tanggung Ojol Korban Tabrak Lari Hingga Rp1,2 Miliar

Atas temuan ini, Bima Arya Sugiarto mengaku akan mengambil langkah tegas. Ia tak segan memberikan hukuman yang pantas kepada siswa dan orangtua yang ketahuan memanipulasi data PPDB, terutama soal pindan dan numpang KK untuk menang di jalur zonasi.