Penukaran Uang Baru 2023 Dibuka, BI Cirebon Sediakan 3,47 Triliun

Ilustrasi penukaran uang, (Foto: dok. JabarNews).

JABARNEWS I CIREBON – Menyambut kebutuhan masyarakat dalam penukaran selama ramadhan menjelang hari raya Idul Fitri. Bank Indonesia siapkan uang tunai sebesar 195 Triliun rupiah secara nasional. Sedangkan, Lokal Cirebon, BI sediakan sebanyak 3,4 Triliun.

Uang pecahan baru tahun 2023 selama ramadhan dan menjelang Hari raya Idul Fitri sudah dibuka secara nasional oleh Bank Indonesia yang bekerja sama degan berbagai Bank di 5.066 titik, baik secara nasional dan lokal Cirebon.

Baca Juga:  Ruko Terbakar, Dua Orang Alami Ganguan Pernafasan

“Bagi masyarakat yang ingin menukar uang baru, sudah dapat dilakukan di berbagai bank. Bukan hanya di Bank, penukaran itu juga bisa dilakukan di mobile kas keliling yang ada di pusat keramaian. Mulai dari tanggal 27 maret, hingga 18 April,” kata Kepala KPW BI Cirebon Hestu Wibowo, Selasa (28/3/2023).

Baca Juga:  Menaker Ida: THR Wajib Dibayarkan H-7 Lebaran, Tidak Boleh Dicicil!

Secara Nasional, lanjut Hestu, Bank Indonesia menyediakan uang tunai sebanyak 195 Triliun rupiah. Dimana angka tersebut naik 8,22 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sedangkan secara Lokal Cirebon dan Sekitarnya, BI menyediakan uang sebanyak 3,74 Triliun rupiah.

Baca Juga:  Banyak Persoalan Muncul Desa Pasca Pilwu, PPDI Lakukan Koordinasi Bupati Cirebon

“Kita lihat secara lokal, ada penurunan pecahan uang besar. Karena banyaknya transaksi non tunai, tapi secara pecahan uang kecil mengalami kenaikan dari 570 miliar menjadi 790 miliar rupiah,” ungkapnya.