Perekonomian Warga Terganggu Akibat Akses Jalan di Situ Hiang Cianjur Tertimbun Longsor

Ilustrasi bencana longsor. (foto: ilustrasi)

Kata dia, jalan yang tertutup longsor merupakan akses utama menuju obyek wisata Situ Hiang, Situ Beber dan Curug Ngebul yang sejak libur panjang hari raya ramai dikunjungi wisatawan lokal hingga luar kota.

Sebelum longsor, terjadi hujan lebat dengan intensitas lebih dari dua jam, sehingga menyebabkan tebing di pinggir jalan setinggi 20 meter longsor.

Baca Juga:  Yana Mulyana Ungkap Target Vaksinasi Usia 6-11 Tahun di Kota Bandung, Segini Jumlahnya

“Jalan tersebut juga akses utama warga dari beberapa desa di Kecamatan Pagelaran, sehingga kami berupaya agar segera dapat dilalui kendaraan. Kami berharap ada bantuan alat berat agar proses menyingkirkan material cepat dilakukan,” katanya melansir dari suarabogor.id.

Baca Juga:  Harga Hewan Kurban di Kota Bogor Naik, Diduga Karena Hal Ini

Sementara itu, Sekretaris BPBD Cianjur Rudi Wibowo mengungkapkan, ia sudah berkoordinasi dengan dinas terkait di Pemkab Cianjur untuk menurunkan alat berat agar proses menyingkirkan material longsor dapat cepat dilakukan karena jalur tersebut merupakan jalur aktif.

Baca Juga:  Umat Buddha di Kota Bandung Rayakan Waisak dengan Khidmat

“Kita upayakan dalam satu hari dapat tuntas kalau menggunakan alat berat, jalur yang terutup longsor merupakan akses utama warga beraktivitas termasuk aktifitas perekonomian dan juga jalur utama ke obyek wisata andalan di Kecamatan Sindangbarang,” katanya.