Petani Buncis di Bandung Tembus Pasar Singapura, Keluhkan Minim Perhatian Pemerintah

Para petani buncis di Desa Panjalu, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. (foto: Kompas.com)

JABARNEWS | BANDUNG – Adalah Wawan Gunawan, seorang petani buncis asal Kabupaten Bandung, Jawa Barat, yang produknya sudah tembus hingga pasar Singapura.

Namun demikian, pria berusia 40 tahun ini mengeluhkan minimnya perhatian pemerintah terhadap petani kecil seperti dirinya. Hal paling kecil yang tidak diperhatikan Pemerintah yaitu soal stabilitas harga dan perkembangan pertanian sayuran.

Baca Juga:  Jelang Laga Perdana Persib, ini Pesan Yana Mulyana untuk Bobotoh

Menurut Wawan, selama ini ia dan sejumlah petani di Desa Panjalu, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mengembangkan buncis kenya atau kacang perancis (Phaseolus vulgaris). Soal permintaan cukup menjanjikan. Namun masalah harga kerap menjadi persoalan.

Baca Juga:  Lokasi SIM Keliling Kota Bandung Hari Ini, Selasa 28 Juni 2022

“Saya minta bisa distabilkan harganya, petani itu sudah panas, hujan, di kala harga murahnya enggak ada tuh tindak lanjut,” ujar Wawan dikutip dari Kompas.com, Minggu (3/7/2022).

Baca Juga:  Persib Perpanjang Kontrak Febri Hariyadi Selama Empat Musim

Masih menurut Wawan, perhatian pemerintah selama ini hanya kepada para petani pemilik modal tinggi. Padahal selama ini mereka sudah berkecukupan dalam hal biaya produksi.