Peternak di Jabar Diminta Waspadai Kasus LSD pada Hewan Ternak

TIm medis memeriksa hewan ternak dari ancaman penyakit PMK dan LSD
TIm medis memeriksa hewan ternak dari ancaman penyakit PMK dan LSD. (foto: istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG – Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Provinsi Jawa Barat meminta para peternak untuk mewaspadai penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) atau cacar sapi.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner, DKPP Jabar Supriyanto mengatakan bahwa LSD hanya menyerang sapi dan kebau karena hewan tersebut merupakan spesies yang paling rentan tertular LSD virus (LSDV).

Baca Juga:  PMK Serang Dua Ekor Sapi, Kota Sukabumi Nyalakan Alarm Waspada!

Virus tersebut memiliki reseptor spesifik pada sel dalam tubuh sapi yang menyebabkan virus dapat masuk dan bereplikasi di dalam tubuh.

“Hewan lain kemungkinan tidak memiliki reseptor spesifik yang dibutuhkan oleh virus untuk menginfeksi sel secara efektif. Sapi merupakan host utama dan paling rentan terserang LSD, spesies lain seperti kerbau air dan ruminansia liar. Namun, kambing dan domba dilaporkan resisten terhadap infeksi LSDV,” kata Supriyanto dalam keterangan yang diterim, Rabu (14/6/2023).

Baca Juga:  Jabar Upayakan Akselerasi Zero Case, Satgas PMK Diminta Lakukan Ini

Menurut dia, penyakit ini menyebabkan timbulnya benjolan atau bintik-bintik pada kulit hewan yang tertular. Yang diawali dengan bintik-bintik tersebut kecil dan keras, tetapi secara bertahap tumbuh ukurannya dan menjadi lembut serta berisi cairan.

Baca Juga:  Kecelakaan di Tol Jagorawi Tewaskan Dua Orang, Polisi Lakukan Penyelidikan