PKM Fakultas Dakwah Unisba Sasar Pengelola Pariwisata di Lembang

PKM Fakultas Dakwah Unisba
Kegiatan PKM Fakultas Dakwah Unisba di wisata seni dan budaya Bi Land Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat pada Kamis (21/9/2023). (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Sebanyak 25 masyarakat di Lembang mengikuti Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (PKM Dikti) yang diadakan oleh Fakultas Dakwah Universitas Islam Bandung (Unisba).

PKM yang dilaksanakan di wisata seni dan budaya Bi Land Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat pada Kamis (21/9/2023) itu merupakan bagian dari program Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (DIKBUD RISTEK) untuk meningkatkan pengembangan pariwisata spiritual yang semakin banyak digandrungi para wisatawan masyarakat urban dan komunitas-komunitas muslim.

Baca Juga:  Bey Machmudin: Pembangunan Infrastruktur Bentuk Kehadiran Pemerintah untuk Masyarakat

Pemberdayaan mental spiritual bagi pengelola pariwisata ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran penerimaan pedoman ajaran agama Islam melalui program healing ruhaniah dan kesadaran membuat program healing ruhaniah untuk para wisatawan.

Baca Juga:  Asmawa Tosepu Petakan Strategi Penanganan Truk Tambang yang 'Nakal' di Parungpanjang Bogor

Kegiatan ini diisi dengan pemberian materi terkait spiritualitas melalui motivation of life (perspektif Islam), manajemen pariwisata halal (peluang dan tantangan), penguatan do’a dan praktik mental health yang disampaikan oleh dosen Fakultas Dakwah Universitas Islam Bandung yaitu, Dr. Rodliyah Khuza’i, Dra., M.Ag., Dr. Ida Afidah, Dra., M.Ag., Hendi Suhendi, S.Sos.I., M.M. juga Dr. Yulianti, S.Psi.I., M.Pd., M.M.Pd. dosen Prodi Tasawuf Psikoterapi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Baca Juga:  Setiawan Wangsaatmaja Dorong Dukcapil Dukung Penyelenggaraan Pemilu 2024

Dalam keberjalanannya, antusiasme peserta yang terdiri dari karyawan dan pengelola utama sangatlah kuat. Mayoritas peserta merupakan karyawan dan pengelola Bi Land Cikole yang didominasi oleh usia produktif.