PLN Berhasil Percepat Tingkatkan Keandalan Sistem Kelistrikan di Jateng

PLN
Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV) Kesugihan-Gombong. (Foto: Istimewa).

Namun, berkat sinergi dan kolaborasi dengan berbagai stakeholder, proyek ini berhasil dilakukan pemberian tegangan (energize) pada 24 Oktober 2023, setelah mendapatkan Rekomendasi Laik Bertegangan (RLB) yang diterbitkan oleh PLN Pusat Sertifikasi (Pusertif) pada hari yang sama. Keberhasilan lainnya juga diraih dengan pencapaian Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) hingga 87,97%.

Baca Juga:  Akses Jalan PLTA Upper Cisokan Rampung, Berikan Manfaat Bagi Masyarakat

General Manager PLN UIP JBT, Djarot Hutabri EBS menjelaskan rekonduktoring ini akan berdampak pada kenaikan kapasitas hantar yang semula 600 Ampere dan mampu membawa daya sebesar 124 Mega Watt (MW) menjadi 1200 Ampere, sehingga mampu membawa daya hingga 249 MW.

Baca Juga:  Tiga Rumah Rusak Akibat Abrasi Sungai Cikaso di Kabupaten Ciamis

“Optimalisasi jaringan ini diharapkan semakin meningkatkan keandalan sistem penyaluran ketenagalistrikan di daerah yang dipasok, khususnya area jawa tengah bagian selatan serta menghindari gangguan pada SUTT 150 kV yang seiring waktu telah mengalami peningkatan pembebanan, agar kontinuitas penyaluran listrik kepada pelanggan dapat berjalan optimal,” kata Djarot dalam keterangan yang diterima, Kamis (26/10/2023).

Baca Juga:  Lewat Ini, PLN UIP JBT Komitmen Jaga Kondisi Sosial dan Lingkungan

Keamanan personil menjadi prioritas utama selama proses penyelesaian rekonduktoring rangkaian ini, sehingga seluruh tim menjaga dan mengutamakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam setiap pelaksanaan pekerjaan. (Red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News