PLN dan Pemkab Kuningan Bahas Pembangunan PLTA Matenggeng

PLN dan Pemkab Kuningan Bahas Pembangunan PLTA Matenggeng. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | KUNINGAN – PT PLN (Persero) terus mengakselerasi pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) untuk mendukung agenda transisi energi di Indonesia. Salah satu upayanya yaitu dengan menambah pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Saat ini, PLN tengah merealisasikan pembangunan PLTA Matenggeng yang lokasinya berada di Jawa Barat dan Jawa Tengah, tepatnya di wilayah Kabupaten Kuningan, Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Cilacap.

Baca Juga:  Begini Cara Mudah Budidaya Timun Suri Agar Berbuah Lebat

PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (UIP JBT) sebagai Unit PLN yang akan mengelola pembangunan pembangkit ramah lingkungan tersebut mulai menjalankan koordinasi untuk berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Kuningan yang merupakan area terluas dari wilayah pembangunan PLTA Matenggeng.

Baca Juga:  Jadwal Tayang Film KKN di Desa Penari di Bioskop Kota Bandung Hari Ini

Pertemuan ini dihadiri oleh Bappeda Kab. Kuningan serta Jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan. Pertemuan ini dipimpin langsung oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kuningan, Ir. Usep Sumirat.

Baca Juga:  PLN dan Kementerian ATR/BPN Amankan Aset Negara

Usep menyebut bahwa pihaknya beserta dengan seluruh perangkat daerah siap mendukung pembangunan yang akan dijalankan di Kabupaten Kuningan termasuk pembangunan PLTA Matenggeng. Terlebih lagi saat ini, di wilayah Kuningan juga sedang dibangun Waduk Matenggeng sehingga pihaknya menginginkan agar waduk tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal.