PMI Cianjur Bantu Korban Banjir di Bekasi

JABARNEWS | CIANJUR – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cianjur mengirimkan personel untuk menjalankan misi kemanusiaan membantu proses evakuasi korban banjir yang terjadi di wilayah Bekasi, Jumat (3/1/2020).

Kepala Markas PMI Kabupaten Cianjur Hery Hidayat mengatakan, hari ini sudah diberangkatkan secara mandiri menggunakan satu mobil rescue, lengkap dengan sejumlah peralatan dan perlengkapan. Khususnya penanganan dalam evakuasi banjir.

Baca Juga:  Longsor Tanggul Sungai Citarum Menimpa 3 Rumah di Bekasi

“Ada sepuluh personel yang diberangkatkan, misi di fokuskan untuk membantu di wilayah Bekasi,” katanya, Jum’at (3/1/2019).

Hery menuturkan, pihaknya akan melihat perkembangan di lapangan. Jika memang ada perintah untuk bergeser ke wilayah lain, pihaknya pun siap siaga.

Baca Juga:  Kondektur Angkutan Elf di Cianjur Ditemukan Tewas Gantung Diri

Masing-masing personel yang diberangkatkan, ujar Hery, memiliki keahlian berbeda, dalam penyelamatan. Ada personel spesialis water rescue, spesialis pertolongan pertama, dapur umum serta keahlian lainnya.

“Ya, nantinya akan berguna untuk menjalankan misi kemanusiaan di lokasi banjir,” ujarnya.

Saat tiba di lokasi, tim akan melakukan koordinasi dengan PMI setempat, dan berkomunikasi dengan PMI Jawa Barat dan pusat untuk pelaksanaan operasi di lapangan. Selain personel, pihaknya juga membawa perlengkapan meliputi 50 wiper untuk membersihkan sisa lumpuran, dan sampah.

Baca Juga:  Gabungan OKP NU dan Ormas Datangi Mapolres Purwakarta Minta Bubarkan HTI

“Tim juga membawa perlengkapan kebersihan 20 skop, yang akan berguna dalam proses pembersihan paska banjir,” ucapnya. (Mul)