Potensi di Jabar Tinggi, Forum Zakat Bertekad Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

Musyawarah Wilayah Forum Zakat Jawa Barat yang ke-V yang digelar Selasa (20/2/2024). (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat, Musyawarah Wilayah Forum Zakat Jawa Barat yang ke-V yang digelar Selasa (20/2/2024) mengusung tema ‘Konsolidasi Gerakan Zakat untuk Kesejahteraan Masyarakat Jawa Barat’.

Kegiatan ini melibatkan hampir 38 Organisasi Pengelola Zakat (OPZ), anggota FOZ Jawa Barat bertempat di Hotel Grand Pasundan Kota Bandung.

Musyawarah wilayah 3 tahunan ini bukan hanya menjadi wadah pembahasan terkait pelaksanaan zakat, tetapi juga menjadi momentum untuk menyatukan langkah dan merumuskan strategi bersama guna meningkatkan dampak positif zakat bagi masyarakat yang membutuhkan khususnya di wilayah Jawa Barat.

Baca Juga:  Pj Bupati Purwakarta Titipkan Zakat ke Baznas, Benni Irwan Ingatkan Hal Ini

Ketua FOZ Jabar Jajang Nurjaman mengatakan bahwa selaras dengan tema Muswil kali ini adalah konsolidasi gerakan zakat di Jawa Barat, ada dua sisi yang melatarbelakangi munculnya tema ini. Pertama, Provinsi Jawa Barat memiliki potensi yang sangat besar dari segi potensi zakat, infak, sedekahnya. Kedua, Pertumbuhan anggota forum zakat di Jawa Barat cukup tinggi, periode Muswil ke-4 tahun 2021 ada 40 anggota sedangan pada Muswil tahun ini ada hampir 70 anggota yang tersebar di Jawa Barat.

Baca Juga:  Masuk Musim Hujan, Bambang Tirtoyuliono Minta Masyarakat Jaga Lingkungan

“Yang membedakan diantara anggota Forum Zakat Jawa Barat, ada yang sudah berizin dari kemenag, ada yang masih berproses, ada juga yang belum. Jadi sebagai wadah rumah gerakan zakat kita akomodir semua lembaga-lembaga untuk kami dorong, kami bantu supaya mendapatkan legalitas,” kata Jajang dalam keterangan yang diterima, Kamis (22/2/2024).

Baca Juga:  Begini Pesan KH Jhon Dien Untuk Kepengurusan BAZNAS Purwakarta Yang Baru