Hendak Mencangkul Kebun, Warga Di Ciamis Kaget Temukan Barang Ini

JABARNEWS | CIAMIS – Seorang warga yang sedang mencangkul kebun di Desa Panaragan, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis Jawa Barat, secara tidak sengaja menemukan mortir diduga peninggalan jaman penjajahan.

“Tiga mortir itu ditemukan secara tak sengaja oleh warga Agus Muslim (48) saat sedang penggalian laha,” ujar Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra, Minggu (21/06/2020).

Baca Juga:  Stasiun Dipadati Calon Penumpang, Ini Permintaan Walkot Bogor

Ia menjelakan penemuan mortir itu ditemukan secara tak sengaja oleh seorang warga yang tengah melakukan penggalian lahan kebun pisang menggunakan cangkul.

“Tak sengaja cangkul tersebut mengenai sebuah benda keras diduga peluru berukuran besar, saat digali ditemukan ada 3 buah,” ujarnya.

Baca Juga:  Polres Purwakarta Libas Premanisme, 26 Orang dari Berbagai Tempat Diamankan

Peluru mortir tersebut diketahui memiliki panjang sekitar 30 sentimeter, berat sekitar 2 kilogram. Kondisinya sudah berkarat, namun diduga masih aktif.

Kemudain warga kemudian melaporkan temuannya ke Polsek Cikoneng. Anggota Polsek Cikoneng, Bhabinkamtibmas Desa Panaragan, Panit 2 Intelkam Polsek Cikoneng, anggota Koramil Cikoneng mendatangi lokasi penemuan.

“Anggota mendatangi TKP dan dipastikan bahwa barang itu merupakan amunisi Mortir kemudian melakukan evakuasi. Saat ini mortir tersebut diamankan di Koramil Cikoneng,” jelas dia.

Baca Juga:  Melihat Efektivitas Penerapan WFH Saat PSBB di Purwakarta

Rencananya tiga Peluru mortir tersebut akan disimpan di Gudang Dit Pal Korem Garut untuk diamankan. kata dia, untuk penanganannnya langsung diserahkan ke Kodim. (Red)