• Senin, 27 September 2021

Pencuri Puluhan Pot Tanaman Hias Alglonema Terekam Kamera CCTV di Purwakarta

- Kamis, 29 Juli 2021 | 14:47 WIB
Tangkapan layar Video CCTV di rumah korban pencurian tanaman hias di Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta. (Foto: Istimewa)
Tangkapan layar Video CCTV di rumah korban pencurian tanaman hias di Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta. (Foto: Istimewa)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Di masa pandemi Covid-19 banyak warga di Kabupaten Purwakarta yang menanam tanaman hias di pekarangan rumah untuk mengisi waktu luang.

Namun, tanaman hias yang dirawat warga di rumahnya tak lepas dari incaran maling.

Seperti yang dialami warga di Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta yang kehilangan puluhan pot tanaman hias jenis aglonema.

Aksi pencurian puluhan pot tanaman hias jenis aglonema menghebohkan warga desa Cikeris dan Desa Pawenang, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Perbuatan pelaku terekam kamera pengawas atau CCTV yang terpasang di rumah korban.

Dalam semalam pelaku berhasil membawa puluhan pot tanaman hias di empat rumah yang berbeda di dua Desa tersebut, pada Rabu (28/7/2021) dini hari.

Salah satunya di rumah milik Dani Irawan Kuswanda yang berada di Kampung Karajan, RT 01/01, Desa Cikeris, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta.

Menurut Dani, peristiwa tersebut terjadi pada Rabu (27/7/2021) dini hari, sekira pukul 04.50 WIB dan baru mengetahui hilangnya tanaman hias kesayangan miliknya sekitar pukul 06.30 saat hendak menyiramnya.

Karena bunga kesayangannya telah hilang, korban pun kemudian mengecek di rekaman CCTV. Ternyata benar, bahwa pada Rabu (27/7/2021) pukul 04.50 WIB, pelaku seorang diri tampak berjalan dan mengambil tanaman hias tersebut.

"Awalnya saya nggak yakin, tadi saat orang rumah mau menyiram tanaman hias bercerita kalau tanamannya berkurang. Akhirnya kami sepakat melihat rekaman CCTV. Ternyata benar saja dan hasil rekaman CCTV," ucap Dani, pada Kamis (29/7/2021).

Dijelaskannya, dalam video CCTV tersebut, terlihat pelaku mengenakan masker, peci dan sarung itu masuk ke pekarangan rumahnya, lalu mengambil beberapa pot tanaman hias miliknya.

"Ada beberapa jenis aglonema yang berhasil dibawa kabur pencuri dari teras rumah. Di antaranya, aglonema big papa dewasa, aglonema Suksom, aglonema pride of sumatera sebanyak 3 pot, aglonema bigroy rumpun, aglonema venus, aglonema red kochin,  aglonema dut anja dan aglonema wulandari," jelas Dani.

Dalam kejadian semalam itu, dijelaskannya, ada 3 rumah yang juga merasa kehilangan tanaman hias di wilayah tersebut.

"Pas malam itu ada lagi tetangga saya yang kehilangan tanaman hias juga. Selain saya ada 3 rumah lagi yang sama kehilangan tanaman hias dan rata-rata tanaman hias yang di curi jenis aglonema. Yakni rumah milik pak Iyus di Kampung Karajan Rt.02/01 Desa Cikeris dan rumah Ibu Ida serta  Ibu Lilis yang berada di desa Pawenang yang tak jauh dari sini," ucap Dani.

Dani menyebut, aksi pencurian itu baru pertama kali terjadi dilingkungan nya. Dengan adanya aksi pencurian ini, warga merasa resah dan takut kejadian itu terulang.

"Seeprtinya pelaku diduga buka orang jauh, pasalnya tau lokasi pengambilan sama akses jalan di perkirakan seperti itu. Soalnya pas pelaku ngambil yang punya saya juga akses jalannya gak dari depan tapi dari belakang," ucap Dani.

Dihubungi terpisah, Kapolsek Bojong, IPDA Budiman mengatakan belum ada laporan dari warga terkait pencuri tanaman hias di wilayahnya.

"Kami akan terus tingkatkan patroli malam. Jika ada kasus pencurian diharapkan segera melaporkan ke Babinkantibmas ataupun ke Mapolsek Bojong. Kami akan segera tindaklanjuti setiap laporan dari masyarakat," ucap pria yang akrab disapa Abah Budiman itu. (Gin)

Editor: Iqbal Safana

Tags

Terkini

Jatuh ke Laut, Pria Asal Asahan Ditemukan Tewas

Senin, 27 September 2021 | 10:45 WIB

Lapas IIB Purwakarta Pasang Panic Button, Ini Fungsinya

Senin, 27 September 2021 | 10:32 WIB

Apotek di Kota Bandung Diminta Tampilkan Produk UMKM

Senin, 27 September 2021 | 09:46 WIB
X