• Selasa, 26 Oktober 2021

Begini Mitos Dibalik Keindahan Curug Cinulang di Desa Sindulang Sumedang

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 10:00 WIB
Curug Cinulang di Desa Sindulang, Sumedang. (Foto: Net).
Curug Cinulang di Desa Sindulang, Sumedang. (Foto: Net).

JABARNEWS | SUMEDANG - Curug Cinulang merupakan objek wisata air terjun yang berada di perbatasan kabupaten Sumedang dengan kabupaten Bandung. Curug Cinulang ini sendiri berlokasi di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Curug Cinulang merupakan air terjun dari aliran sungai Citarik yang berhulu di Gunung Kareumbi dan lokasinya pun tidak jauh dari Curug Cinulang. Curug Cinulang sendiri memiliki ketinggian sekitar 20-30 meter serta mempunyai dua aliran air terjun. Muara air terjun ini tidak begitu luas.

Curug Cinulang merupakan salah satu wisata air terjun dengan sejuta pesona. Meskipun masih dikelola secara tradisional, akan tetapi kawasan ini selalu ramai pengunjung, baik wisatawan Sunda maupun dari luar kota.

Bahkan keindahan Curug Cinulang tergambar dalam sebuah lagu yang diciptakan oleh penyanyi Sunda bernama Darso.

Tidak hanya mempunyai 1 air terjun saja, kawasan ini memiliki dua air terjun yang berdampingan. Hal inilah yang menjadi daya tarik dari air terjun Cinulang selain keindahan alamnya yang sangat mempesona.

Pesona dan daya tarik Curug Cinulang Cicalengka memang mengenai pemandangan alam sekitar. Air terjun Cinulang memberikan daya tarik serta pengalaman yang berbeda bagi siapa saja yang mengunjunginya.

Sebagian besar dari wisatawan menganggap bahwa air terjun ini sangat romantis. Dengan udara sejuk serta suara alam yang sangat merdu, menjadikannya sebagai wisata alam yang tenang dan menyenangkan.

Namun, keindahan pesona Curug Cinulang tidak bisa lepas dari mitos yang beredar di warga setempat. Berdasarkan, kisah dari warga setempat, asal mula Curug Cinulang sering bermula dinamakan Sindulang.

Kata itu berasal dari kata Dulang yang berarti tempayan. Berarti air terjun ini mirip seperti air yang ditumpahkan dari tempayan.

Curug Cinulang atau Curug Sindulang dari zaman dahulu hingga saat ini masih menyimpan kisah mitos yang melekat dan masih dipercaya hingga saat ini.

Salah satunya, terkait tentang misteri bahwa setiap pasangan kekasih yang sedang menjalin percintaan atau menjalani menuju proses menuju pernikahan, mendatangi Curug Cinulang. Maka jalinan kasih mereka akan putus di tengah jalan atau berakhir sebelum sempat naik ke jenjang pernikahan dalam kurun waktu tidak lama.

Namun selain itu, Wisata Curug Cinulang ini memiliki ke unik dan misteri lainnya yang justru kebalikan dari misteri di atas, hal di yakni masyarakat pribumi, apabila pengunjung baik laki-laki atau perempuan lajang yang datang ke tempat Curug Cinulang secara perseorangan.

Maka pengunjung tersebut jika berkenalan dengan lawan jenis akan mudah menemukan sekaligus mendapatkan pasangan kasih, bahkan hingga menjenjang ke pelaminan. (Red)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

X