• Minggu, 28 November 2021

Purwakarta Masuk PPKM Level 2, Ambu Anne: Masyarakat Jangan Lengah Prokesnya

- Kamis, 9 September 2021 | 13:36 WIB
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika saat meresmikan stadion Punawarman. (Foto: Gin/Jabarnews)
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika saat meresmikan stadion Punawarman. (Foto: Gin/Jabarnews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika meminta warga tidak lengah menyusul turunnya level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Kota Santri menjadi level 2.

Ia meminta agar warga tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan ketat. Jika lengah, kata Anne, maka Purwakarta bisa saja kembali ke level 3 atau level 4.

"Karena kalau kita lengah, maka kita akan kembali ke level 3, level 4," ucap Ambu Anne, sapaan akrab Bupati Purwakarta, usai meresmikan Stadion Purnawarman, pada Rabu (9/9/2021)

Tak hanya turun ke level 2, status Kabupaten Purwakarta diketahui juga turun dari zona oranye atau risiko sedang menjadi zona kuning atau risiko rendah, di peta risiko Covid-19.

Ambu Anne ingin warganya tetap disiplin. Hal itu agar proses pendidikan pelajar di sekolah dan ekonomi warga yang sudah mulai berjalan, tak terkendala kembali.

"Jangan lengah nanti malah kembali zona merah, maka pendidikan dan ekonomi pasti akan terhambat lagi," ujarnya.

Meski demikian, Ambu Anne berterima kasih kepada warga yang telah tertib menjalankan prokes selama PPKM Darurat dan PPKM Level berlangsung.

Perilaku warga itulah yang menurutnya bisa membuat kasus Covid-19 serta risiko penularan versi zonasi dan level PPKM bisa ditekan.

"Kami berharap perilaku dan kebiasaan warga bisa dipertahankan agar Kabupaten Purwakarta bisa segera menjadi zona hijau dan daerah dengan status PPKM Level 1," harap Ambu Anne.

Ambu Anne menyebut, Kasus Covid-19 di Kabupaten Purwakarta, trennya mengalami penurunan. Dari 17 kecamatan yang ada, zona merahnya tinggal dua wilayah lagi.

"Zona merah tinggal dua Kecamatan lagi, yakni Kecamatan Purwakarta dan Bungursari. Selebihnya, merupakan zona oranye, kuning dan hijau," jelasnya.

Ambu Anne merinci, data kasus Covid-19 Per Rabu 8 September 2021, yang aktif ada 67 orang. Suspek 42 orang. Kontak erat 195 orang. Yang selesai sembuh, totalnya 11.603 orang. Sedangkan, yang meninggal dunia totalnya 576 dan meninggal dengan status probable 45 orang.

"Alhamdulillah positivity rate-nya rendah sekitar 0,55 persen dan case recovery rate (kesembuhan) juga terus naik sekitar 94,75 persen. Turunnya level PPKM ini juga dilihat dari turunnya tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) di Kabupaten Purwakarta yang berkisar 11 persen saja," tungkas Ambu Anne. (Gin)

Editor: Iqbal Safana

Tags

Terkini

X