• Sabtu, 23 Oktober 2021

Gibran Hilang di Gunung Guntur dan Ceritakan Kisah Mistis, Begini Tanggapan Psikolog Unpad

- Minggu, 26 September 2021 | 15:29 WIB
Muhammad Gibran Arrasyid, korban hilang di Gunung Guntur, Garut, Jawa Barat, ditemukan dalam kondisi selamat. (Kantor SAR Bandung)
Muhammad Gibran Arrasyid, korban hilang di Gunung Guntur, Garut, Jawa Barat, ditemukan dalam kondisi selamat. (Kantor SAR Bandung)

JABARNEWS | BANDUNG - Peristiwa yang terjadi menimpa salah seorang pendaki Gunung Guntur bernama Muhammad Gibran Arrasyid (14) ketika hilang sampai enam hari penuh misteri ditambah dengan cerita-cerita mistis yang dia ungkapkan.

Hal ini pun lantas mendapat tanggapan dari Psikolog Unpad, Aulia Iskandarsyah

Menurutnya, dari perspektif psikologi, kejadian yang menimpa Gibran ini dapat menjelaskan beberapa hal.

Pertama, penuturan yang disampaikan Gibran setelah dievakuasi bisa saja merupakan pengalaman dan penghayatan pribadinya yang dihasilkan dari proses mengingat kembali.

"Jika seseorang baru saja mengalami kejadian atau peristiwa yang dahsyat, menakutkan, dan traumatik, bisa saja dia mengalami yang namanya post traumatic stress yang sangat memungkinkan proses mengingat peristiwa menjadi tak utuh, kabur, atau urutan dan kejelasan kejadian bisa saja salah," kata Aulia saat dihubungi, Minggu (26/9/2021).

Biasanya, lanjut dia, seseorang akan berusaha merangkaikan fragmen ingatan-ingatan yang dia ingat menjadi suatu uraian cerita yang bisa dia mengerti dan pahami, meskipun secara aktual tak seperti itu.

Baca Juga: Tebar Benih Ikan di Sungai Surakatiga Kuningan, Uu Ruzhanul Ulum Minta Jangan Dipancing Dulu

Baca Juga: Vaksinasi Disabilitas Jabar Tembus 101 Persen, Begini Kata Ridwan Kamil

Baca Juga: Kerap Mengganggu Aktivitas Nelayan, Warga Kesenden Cirebon Bersihkan Sampah di Laut

Baca Juga: Harga Telur Anjlok, Peternak Ayam di Purwakarta Tak Berdaya

Halaman:

Editor: Rian Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X