Hari Ini, Ada Sembilan Kali Gempa Bumi Guncang Tapanuli Selatan

JABARNEWS | SERDANG BEDAGAI – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Regional 1 Medan melaporkan terjadi sembilan kali gempa bumi guncang wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Kamis (30/9/2021).

Gempa bumi pertama magnitudo 3.1 terjadi pukul 05.25 WIB, episenter terletak pada koordinat 1.59 LU, dan 99.36 BT, pada jarak 9 km Tenggara Tapanuli Selatan, Sumatera Utara pada kedalaman 2 kilometer.

Baca Juga:  Gugatan Dikabulkan MK, Bima Arya Jabat Wali Kota Bogor hingga 2024

Gempa bumi terkahir terjadi pada pukul 13.36 WIB, episenter terletak pada koordinat 1.17 LU, dan 99.15 BT, pada jarak 18 km Baratlaut Tapanuli Selatan, Sumatera Utara pada kedalaman 2 kilometer

Gempa bumi dengan skala kecil berkisar 25 sampai 37 tidak dirasakan masyarakat dan tidak menyebabkan adanya kerusakan bangunan milik masyarakat.

Baca Juga:  Longsor Hancurkan Rumah, Satu Keluarga Selamat

Seorang warga, Hariadi Siregar mengatakan, sempat merasakan getaran gempa pagi hari, namun getaran tidak begitu lama, tapi sampai siang ini tidak ada getaran gempa dirasakan masyarakat.

“Tadi pagi ada, tapi hanya beberapa detik, sampai siang ini tidak ada lagi merasakan getaran,” ucapnya.

Baca Juga:  Asik! Tunjukan KIA Dapat Promo Hingga Potongan Harga di 20 Lembaga

Terpisah, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tapanuli Selatan, Hotmatua Rambe mengatakan, BPBD setempat belum ada mendapat laporan dari masyarakat merasakan guncangan gempa dan kerusakan bangunan disebabkan gempa bumi beruntun tersebut.

“Sampai siang ini kami belum ada mendapat laporan dari masyarakat, baik merasakan guncangan atau bangunan yang rusak,” terangnya. (Ptr)