• Minggu, 28 November 2021

Oded M Danial Sebut Pandemi Covid-19 Rusak Ekonomi Kota Bandung Hingga Minus 2,28 Persen

- Jumat, 1 Oktober 2021 | 08:56 WIB
Wali Kota Bandung Oded M Danial. (Humas Pemkot Bandung)
Wali Kota Bandung Oded M Danial. (Humas Pemkot Bandung)

JABARNEWS | BANDUNG - Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, pihaknya terus berusaha untuk memulihkan ekonomi yang tengah terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Menurut Oded M Danial, Pemerintah Kota Bandung bertekad mengembalikannya seperti pertumbuhan ekonomi seperti pada tahun 2019. Diketahui, pertumbuhan ekonomi Kota Bandung pada tahun 2019 yaitu 6,75 persen.

“Sejak kasus pertama Covid-19 di Kota Bandung pada Maret 2020, pertumubuhan ekonomi terus mengalami penurunan. Padahal pada 2019 kita berhasil memperoleh pencapaian membanggakan dengan pertumbuhan ekonomi kota 6,75 persen atau di atas angka nasional dan provinsi,” kata Oded M Danial saat menjadi Keynote Sepaker webinar pemulihan ekonomi Kota Bandung, Kamis 30 September 2021.

Baca Juga: Soal Kebangkitan Ekonomi di Kota Bandung, Ini Kata Pengamat Asep Warlan

Oded M Danial mengaku, pandemi merusaknya sampai angka minus 2,28 persen. Itulah masa-masa tersulit yang hampir dialami 2,5 juta warga Kota Bandung.

“Pertumbuhan ekonomi Kota Bandung 2021 sudah di angka 4 persen dan mudah-mudahan bisa ditingkatkan lagi,” tuturnya.


Oded M Danial menjelaskan, hal pertama yang harus dilakukan agar pemulihan ekonomi bisa berkelanjutan yaitu mengendalikan Covid-19.

Baca Juga: Provinsi Jabar Bangun Pusat Bahan Baku bagi Industri Kecil dan UMKM

Sebab, lanjut Oded M Danial, ekonomi akan sulit tumbuh jika kegiatan produksi, distribusi maupun konsumsi tidak berjalan akibat para pelaku ekonominya sakit terpapar.

“Dengan memelihara derajat kesehatan masyarakat pada level yang diharapkan, maka proses ekonomi bisa dijalankan dengan berkelanjutan. Ketika penanganan kesehatan sudah berjalan baik, dari sini kita menentukan stategi ekonomi dengan lebih kokoh,” ucapnya.

Halaman:

Editor: Rian Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X