Maknai Hari Kesaktian Pancasila di Tengah Pandemi, Ini Pesan Dandim 0619 Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pancasila sebagai ideologi negara tidak akan tergantikan oleh paham apapun, maka dari itu Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober ini ditetapkan oleh pemerintah untuk menanamkan pesan dihati seluruh rakyat Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan, Dandim 0619 Purwakarta, Letkol Arm Krisrantau Hermawan, pada Jumat, 1 Oktober 2021.

“Melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila, kita bersama menjaga keutuhan bangsa ini dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Pasalnya, pemersatu kita semua adalah Pancasila walaupun beraneka ragam suku, agama, ras, dan antar golongan. Semua dipersatukan oleh Pancasila,” ucap pria yang akrab disapa Kris itu.

Baca Juga: Oded M Danial Sebut Pandemi Covid-19 Rusak Ekonomi Kota Bandung Hingga Minus 2,28 Persen

Baca Juga:  Dampak Perang Iran-Israel, Kemlu RI Imbau WNI Tunda Perjalanan

Baca Juga: Soal Kebangkitan Ekonomi di Kota Bandung, Ini Kata Pengamat Asep Warlan

Ia mengungkapkan, di tengah pandemi Covid-19 yang saat ini masih mewabah, nilai-nilai Pancasila-lah yang saat ini jadikan landasan dalam kehidupan sehari-hari.

“Pada masa seperti ini masyarakat harus bersatu dengan tetap melihat nilai-nilai yang terkandung pada Pancasila terhadap keutuhan bangsa. Hilangkan ego, mari bersatu agar kita bisa keluar dari pandemi Covid-19 ini,” imbuhnya.

Kris menjelaskan, kalau masyarakat dan semua pihak ingin implementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kondisi saat ini, dimana pemerintah dan para ahli menganjurkan taat dan disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

Baca Juga:  Di Tengah Corona, Pria Asal Ciamis Kebanjiran Orderan Baju APD Untuk Pilot

Baca Juga: Provinsi Jabar Bangun Pusat Bahan Baku bagi Industri Kecil dan UMKM

Baca Juga: Logistik Sudah Disiapkan, Warga Kota Cirebon Diminta Waspada Bencana karena Hal Ini

“Mengimplementasi nilai-nilai Pancasila di tengah kondisi pandemi seperti ini yakni mentaati dan mematuhi protokol kesehatan sesuai Imbauan dari pemerintah,” ucap Kris.

Selain itu, kata dia, bagaimana masyarakat bisa memelihara diri dan menjaga situasi saat berinteraksi yang dibatasi.

Menurut Kris, itu bagian-bagian yang sederhana dan simpel tapi kadang-kadang sulit untuk dilaksanakan bahkan cenderung dilanggar.

Baca Juga: Tantang Kelahi Pemilik Pesantren di Sumedang, Warga Pamulihan Berurusan dengan Polisi

Baca Juga: Kota Bandung Belum Layak Buat Konser Musik, Keputusan di Tangan Oded M Danial

Baca Juga:  Konsumsi 7 Makanan Ini Agar Rambut Cepat Panjang Dan Sehat

“Dengan momentum Hari Kesaktian Pancasila di tengah pandemi ini, kita perlu meningkatkan kesadaran diri hidup bermasyarakat. Saling melindungi dan peduli agar virus corona tidak semakin menyebar dan menulari,” harapnya.

Selain itu, sambung Kris, maknai Kesaktian Pancasila dengan menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patrotisme mulai dari diri sendiri.

“Mari kita rawat dan jaga keutuhan, kesatuan bangsa demi terwujudnya keadilan yang merata dan kedamaian bersama. Dan mari kita amalkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar penguatan karakter bangsa. Selamat Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2021, semoga Pandemi Covid-19 ini segera berakhir,” pungkasnya. (Gin)