TNGGP Tutup Sementara Pendakian Gunung Gede Pangrango, Sampai Kapan?

JABARNEWS | CIANJUR – Pendakian dan objek wisata di bawah pengelolaan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) ditutup sementara mulai 6 Oktober hingga keadaan status Cianjur membaik atau turun ke level 1.

Humas TNGGP, Agus Deni mengatakan pihaknya belum bisa memastikan berapa lama penutupan untuk keempat kalinya selama setahun terakhir, akan dilakukan, mengingat status Cianjur masih berada di level 3 akibat vaksinasi yang masih minim.

“Kami belum bisa memastikan sampai kapan penutupan pendakian ke Gunung Gede-Pangrango serta tempat wisata seperti Curug Cibeureum dan jembatan Situ Gunung, akan dibuka kembali. Namun sejak tanggal 6 Oktober, sudah dilakukan penutupan,” kata Agus, Sabtu (9/10/2021).

Baca Juga:  Besok, 21 Pejabat Pemprov Jabar Akan Divaksin Covid-19, Begini Kesiapan RSHS Bandung

Baca Juga: Untuk Menurunkan Darah Tinggi, Dr. Zaidul Akbar Menyarankan Konsumsi Ini Setiap Hari

Baca Juga: Begini Cara Menyimpan Timun Agar Tetap Segar Dan Tidak Mudah Berkerut

Bagi calon pendaki yang sudah melakukan pendaftaran dengan waktu pendakian yang jatuh pada waktu penutupan, pihaknya dapat memberikan penjadwalan ulang atau pengembalian uang. Meski hingga saat ini, sebagian besar calon pendaki, memilih penjadwalan ulang.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Bau Mulut?, Dr. Zaidul Akbar: Jangan Konsumsi Ini

Baca Juga: Palsukan Surat Tanah, Pria Asal Serdang Bedagai Ditangkap Polisi

Baca Juga:  Wagub Jabar Dukung Program Santri Tani Milenial

Pihaknya berharap penutupan tidak berlangsung lama, sambil menunggu pencapaian target vaksinasi di Cianjur, sesuai dengan ketentuan pemerintah pusat, sehingga pembatasan aktivitas tidak lagi diberlakukan, sehingga pendakian dan objek wisata di bawah pengelolaan BB TNGGP dapat dibuka.

“Tidak hanya pendakian, tempat wisata yang satu manajemen pengelolaannya ditutup. Ketika diizinkan kembali dibuka, kami tetap akan menerapkan prokes ketat, pendakian atau wisatawan yang datang wajib menunjukkan surat vaksin dan bebas Covid-19 antigen, ” kata Agus.

Sebelumnya pada awal tahun, pendakian ke Gunung Gede-Pangrango sempat ditutup dengan alasan untuk memulihkan ekosistem. Namun penutupan yang awalnya hanya sampai akhir Februari, diperpanjang hingga Maret karena cuaca ekstrem dan kembali dibuka pada awal April.

Baca Juga:  Ketua KPU Pastikan Berkas Bacaleg 16 Parpol Lengkap

Baca Juga: Pemprov Jabar Bersama Dispusipda Lakukan Edukasi Kontinyu Untuk Cegah Hoax Vaksinasi

Namun baru sebulan berjalan, pendakian kembali ditutup bulan Mei sebagai upaya menekan angka penularan Covid-19 yang sempat tinggi di berbagai wilayah di Indonesia, ditambah untuk menekan tingginya pendakian setelah hari raya Idul Fitri.

Untuk keempat kalinya, pendakian Gunung Gede Pangrango ditutup awal Oktober karena Cianjur kembali ke level 3. ***