Pilkades Serentak di Purwakarta Sebentar Lagi, Sejumlah Pengamanan Mulai Dipersiapkan

JABARNEWS | PURWAKARTA – Kapolres Purwakarta, AKBP Suhardi Hery Haryanto bersama Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika serta Forkopimda, Muspika, dan perangkat daerah terkait menggelar rapat Koordinasi Persiapan Pengamanan Pilkades serentak 2021 di Aula Sarja Arya Rancana, Mapolres Purwakarta, pada Selasa 12 Oktober 2021.

Pilkades Serentak Kabupaten Purwakarta bakal di 170 desa itu yang diselenggarakan pada 16 Oktober 2021 mendatang.

“Pengamanan pilkades menjadi atensi kami dari TNI, Polri dan Pemerintah Kabupaten Purwakarta guna mencegah terjadinya permasalahan yang tidak diinginkan,” ucap AKBP Suhardi Hery Haryanto, di Mapolres Purwakarta.

Baca Juga: Warga Serdang Bedagai Geger! Ada Mayat Waria Ngambang di Kolam Galian, Diduga Korban Pembunuhan

Upaya-upaya pencegahan terhadap potensi konflik selama tahapan maupun pelaksanaan pilkades, lanjut Suhardi Hery Haryanto, menjadi bagian dari materi pembahasan rapat. Termasuk memetakan daerah-daerah rawan konflik.

Baca Juga:  Syaiful Huda: Hasil Survei, PKB Posisi ke Tiga Setelah PDI P dan Golkar

“Saling mendukung dan menjaga kondusifitas di antara seluruh pihak yang terlibat, menjadi kunci keamanan pelaksanaan pilkades,” ujarnya.

Untuk pengamanan, sambung Suhardi Hery Haryanto, sebanyak 1.250 personel yang terjadi dari Personil TNI, Polri, Dishub dan Satpol PP Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga: Makan Anggaran Besar, DPRD Jabar Minta Bendungan Cipanas Segera Dioptimalkan

“Kami sudah siapkan beberapa personel baik dari Polda Jabar yang membackup kita dalam pengamanannya Pilkades Serentak ini, termasuk dari satuan TNI, satuan Satpol PP, maupun satuan dari Polres terdekat seperti Polres Karawang dan Polres Subang,” ucapnya.

Dengan demikian, Suhardi Hery Haryanto menyampaikan, kekuatan personel pengamanan Pilkades Serentak yang dilaksanakan di Kabupaten Purwakarta dapat terwujudnya Pilkades yang aman dan kondusif.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca Jawa Barat Hari Ini

Suhardi Hery Haryanto berpesan agar masyarakat mengikuti proses demokrasi di tingkat desa itu dengan baik. Pesan tersebut utamanya disampaikan untuk warga di 170 desa yang menggelar Pilkades.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 di Kota Bandung Dapat Apresiasi dari BPK, Oded M Danial Beberkan Capaiannya

“Mari bersama-sama menjaga keamanan lingkungan masing-masing. Pilihan boleh berbeda, tetapi persatuan, persaudaraan, dan kerukunan harus tetap kita jaga,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, untuk menghadapi Pilkades Serentak ini perlu dipersiapkan secara matang dan terkoordinasi khususnya dalam hal pengamanan yang melibatkan berbagai pihak terutama unsur Pemda dengan TNI-Polri.

“Kami berharap semua pihak yang terlibat agar senantiasa mampu memberikan pemahaman yang benar dan netral agar semua tahapan pilkades nanti dapat dimengerti,” tutur Anne Ratna Mustika.

Baca Juga:  Karena Ini, Uu Ruzhanul Ulum Hentikan Operasional Pabrik Tepung Tapioka di Karawang

Baca Juga: Fakta Baru Kasus Menantu dan Mertua yang Tewas di Kolam Ikan Kampung Sosopan Tasikmalaya, Ternyata Gegara Ini

Sehingga, kata dia, dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya gangguan keamanan dan kesehatan pada proses pilkades.

“Kita jangan hanya berfokus pada pencegahan hal-hal yang mengarah pada konflik dan sengketa pilkades semata, tetapi kita juga harus mengedepankan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin sehingga segala potensi penyebaran pandemi Covid-19 bisa diminimalisir,” jelasnya.

“Pilkades bagian dari sebuah proses demokrasi, mari kita ciptakan pilkades yang sehat dan mampu melahirkan pemimpin impian masyarakat,” tandasnya. (Gin)