Mudah! Bebaskan Stres Pasca Kekalahan di Pilkades, Begini Caranya

JABARNEWS | BANDUNG – Masyarakat di 170 desa di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat tengah memberikan hak suaranya dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serenrak 2021. Berbagai tahapan telah dilalui hingga pelaksanaanya dilakukan pada Sabtu, 16 Oktober 2021.

Rasa sedih dan kecewa ketika mengalami kekalahan usai Pilkades sangat wajar. Namun, waspadalah, setelah melakukan eforia saat kampanye, kekalahan dalam Pilkades rentan memicu setres.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan, baik sebagai calon maupun pendukung, agar bebas stres pasca Pilkades yang dihimpun dari berbagai sumber.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Cianjur Tersisa di Empat Kecamatan Ini, Total 33 Orang

Baca Juga: Suka Melancong ke Luar Negeri? Di Negara Ini Tak Perlu Tukarkan Rupiah Loh

Baca Juga:  Jadi Jaminan Utang Rentenir, Dua Bocah di Bogor Ditahan 20 Hari

1. Adakan “pesta kekalahan”. Tak hanya pasangan yang menang saja yang dapat merayakan dengan berpesta, pasangan (termasuk pendukung) yang kalah pun dapat mengadakan pesta. Pesta kekalahan ini lebih bertujuan untuk berbagi kekecewaan dan kesedihan dengan orang lain.

Baca Juga: Timnas U-23 Datang Lebih Awal ke Tajikistan, Shin Tae-yong Ungkap Alasan Ini

Baca Juga: Pilkades Purwakarta, RSUD Siapkan Psikiater Untuk Cakades Depresi

Dengan demikian, Anda tidak akan merasa sendirian ketika merasa kecewa. Selain itu, pesta kekalahan ini dapat menjadi kesempatan untuk mengevaluasi penyebab kekalahan secara positif.

2. Istirahat cukup. Istirahat yang cukup akan memberi kesempatan bagi tubuh untuk pulih kembali setelah hiruk pikuk menjelang, saat, dan pasca Pilkada. Dengan tubuh yang segar dan bugar, Anda tentu dapat berpikir lebih positif.

Baca Juga:  Kota Banjar Jadi Tuan Rumah Munas/Konbes NU

3. Tetap berolahraga. Sekalipun merasa lemah akibat rasa kecewa, usahakan agar Anda tetap berolahraga. Pilihlah olahraga dengan intensitas ringan seperti jalan, lari santai, atau bersepeda.

Olahraga dapat memicu pengeluaran dopamin dalam tubuh yang akan menimbulkan rasa nyaman dan senang.

Baca Juga: Desk Collection Pinjol Digaji Rp20 Juta Sebulan, Dapat Tempat Tinggal dan Akomodasi, Ini Tugasnya

Baca Juga: Di Kota Cimahi Pembuatan KK Pasutri Nikah Siri Trennya Lagi Naik, Syaratnya Mudah?

4. Hindari media sosial. Untuk sementara waktu, hindari paparan terhadap media sosial, terutama bila beritanya masih bernuansa politik dan Pilkades.

Baca Juga:  Wali Kota Cirebon Terpilih, Bakal Konsen Program SEHATI

Baca Juga: Bulu Mata Rontok Jadi Pertanda Ada yang Kangen? Begini Kata dr. Nadia Alaydrus

Baca Juga: Awas! Ternyata Males Gerak ‘Mager’ Bisa Menyebabkan Ini

Bukan berarti Anda harus mengasingkan diri, tetapi hal ini bertujuan untuk memberi kesempatan pada diri Anda untuk tenang dan fokus merencanakan langkah berikutnya.

Kekecewaan saat kalah Pilkades atau ketika calon unggulan tidak mendapat suara terbanyak memang tidak terelakkan.

Jalan terbaik untuk menghadapinya adalah menerima kekalahan dengan lapang dada sambil tetap menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan bugar.

Ingat, intinya adalah Anda sudah ikut andil dalam pesta demokrasi Indonesia, dan bersama-sama mendukung pemenang untuk menata desanya jauh lebih baik ke depannya.***