Pilkades Purwakarta, RSUD Siapkan Psikiater Untuk Cakades Depresi

JABARNEWS | PURWAKARTA –  Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2021 di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat dilaksanakan serentak pada Sabtu, 16 Oktober 2021 besok.

Untuk mengantisipasi calon kepala desa (cakades) yang depresi karena gagal menang, RSUD Bayu Asih Purwakarta telah menyiapkan klinik kedokteran jiwa dengan dua orang dokter ahli kesehatan jiwa (Psikiater).

Direktur RSUD Bayu Asih Purwakarta, Agung Darwis Suriaatmadja mengatakan, pihaknya belum menyiapkan ruang rawat inap khusus untuk pasien depresi.

Baca Juga: Desk Collection Pinjol Digaji Rp20 Juta Sebulan, Dapat Tempat Tinggal dan Akomodasi, Ini Tugasnya

Baca Juga:  Petani di Sindangsari Cianjur Diminta Pertahankan Pangan

“Namun demikian, klinik kesehatan jiwa dengan dua psikiater sudah kita siapkan untuk penanganan pasien depresi,” kata Direktur RSUD Bayu Asih Purwakarta, melalui sambungan selulernya, Jumat 15 Oktober 2021.

Untuk menghindari depresi pasca-pilkades, Agung menyarankan untuk fokus pada pengendalian diri, tidur yang cukup, dan makan teratur serta siap menerima kegagalan.

“Harus selalu dikondisikan agar mereka yang mengalami kegagalan tersebut tidak mengalami stress yang berkelanjutan sehingga fisik dan jiwanya tetap sehat seusai pemilihan,” ucapnya.

Baca Juga: Pengadaan Lahan Pemakaman Covid-19 di Cimahi Diduga Dikorupsi, Pejabat Ini Jadi Tersangka

Baca Juga:  Bikin Rusuh, Empat Pemuda di Plered Purwakarta Diamankan Polisi

Namun, sambung dia, berdasarkan pengalaman Pilkades sebelumnya, rumah sakit plat merah belum pernah merawat cakades yang mengalami gangguan kejiwaan akibat kegagalan dalam pesta demokrasi di tingkat desa tersebut.

“Sejauh ini, kami belum pernah merawat pasien depresi akibat gagal dalam Pilkades,” tutur Direktur RSUD Bayu Asih Purwakarta.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo mengatakan, waktu pencoblosan Pilkades serentak akan dimulai pada pukul 07.00 hingga pukul 13.00 WIB.

Baca Juga: Di Masa Pandemi COVID-19, Ini Momen yang Paling Membahagiakan bagi Ridwan Kamil

Baca Juga:  Pendidikan Pramuka Diharapkan Cegah Kenakalan Remaja

Jaya menjelaskan, sebanyak 573 Cakades di Purwakarta akan bertarung memperebutkan suara rakyat dalam Pilkades yang digelar secara serentak pada 170 desa di 17 kecamatan. 

Dengan DPT sebanyak 545.318 hak pilih, para panitia Pilkades Serentak di Purwakarta  telah mempersiapkan TPS sebanyak 1.172 titik.

“Dengan TPS sebanyak itu kami telah mempersiapkan panitia sebanyak 850 orang dan 9.376 orang yang masuk dalam kelompok penyelenggara pemungutan suara. Lalu ada juga pengawas Pilkades sebanyak 510 orang,” ucap Jaya Pranolo. (Gin)***