Catatan Baru di Keraton Kasepuhan Cirebon, Kini Ada Tiga Sultan

JABARNEWS | CIREBON – Kemunculan Pangeran Wisnu Lesmana Nugraha, menambah catatan baru untuk Sultan Keraton Kasepuhan Cirebon setelah dirinya melewati prosesi jumenengan (pelantikan) pada (Rabu, 20/10/2021), kemarin.

Dengan dilantiknya Pangeran Wisnu Lesmana Nugraha menjadi sultan, kini Keroaton Kasepuhan memiliki tiga sultan yang sama-sama dilantik dan mengklaim sebagai turunan (trah) sah dari Sinuhun Sunan Gunung Jati.

Diawali Jumenengan Sultan Sepuh XV PRA Luqman Zulkaedin pada, Minggu (30/8/2020) menggantikan Sultan Sepuh XIV Arief Natadiningrat yang meninggal dunia karena sakit.

Baca Juga:  Unisba Mulai Vaksinasi Covid-19 bagi Dosen dan Tenaga Kependidikan

Baca Juga: Ditjen PPKTrans Gelar FGD Bahas Perubahan PP Nomor 3 Tahun 2014, Ini Hasilnya

Baca Juga: Hebat! Alizka Novia Salzabila, Siswi SMK Ini Sering Juarai Lomba Menari Tradisional Sunda

Kedua R. Rahardjo Djali yang juga mengangkat dirinya sebagai sultan Keraton Kasepuhan bergelar Sultan Aloedin II pada Rabu (18/8/2021).

Baca Juga:  Harga Cabai dan Bawang Merah di Bandung Alami Kenaikan, Ini Kata Disdagin

Baca Juga: Jangan Sampai Dilakukan! Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Sendi, Salah satunya Kretek

Pangeran Wisnu Lesmana Nugraha mengaku dirinya sebagai turunan Sultan Kasepuhan IV sebagai penerus Raja Kesultanan Kasepuhan Cirebon bergelar Sultan Raja Wikarta lll.

Ia melakukan prosesi Jumenengan berlangsung dengan penyematan simbol kerajaan seperti Mahkota Kerajaan dan Keris Pusaka yang disematkan Ibunda Pangeran Wisnu Lesmana Nugraha bergelar Sultan Raja Wikarta lll.

Baca Juga:  Inilah Bahaya Jika Terlalu Banyak Mengkonsumsi Buah Durian

Dalam sambutannya, Pangeran Wisnu mengajak semua pihak duduk bersama dan berjiwa ksatria kepada para sultan yang lebih dulu mengklaim sebagai penerus Raja Sultan Kasepuhan.

Baca Juga: Jadi Saksi Kasus Kekerasan Pelajar di Kota Bogor, Tiga Siswa SMA YPHB di DO

“Mari kita mengadu data dan fakta perihal konflik perebutan kekuasaan di Keraton Kasepuhan,” katanya, dilansir dari Fajarsatu.com. ***