Launching Gentong Geulis, Ambu Anne: Ini Harus Menjadi Contoh UMKM di Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Ulet dan berani mengambil keputusan cocok untuk menggambarkan sifat Ita Sumanti, pemilik usaha Gentong Geulis, yang menjual minuman herbal atau jamu.

Ita memutar otak, menyesuaikan strategi dengan perubahan tren pasar, dan bahkan mampu memperluas skala bisnisnya dari hanya mulut ke mulut pesanan mulai datang dari keluarga besar dan rekan sekitar, kini merambah pasar lebih luas melalui E-commerce.

“Awalnya, jamu racikan keluarga hanya untuk kebutuhan pribadi, bukan komersial. Dalam perjalanannya, ditekan pula kondisi himpitan pandemi, saya akhirnya melihat sebuah celah usaha,” ucap Ita saat menggelar launching produk Gentong Geulis di Da-Wood cafe & resto, yang berada di Jalan RE Martadinata, Purwakarta, pada Jumat, 22 Oktober 2021.

Baca Juga: Ingin Banyak yang Nonton? Ini Jadwal Jam FYP TikTok

Baca Juga: Ingin Liburan Asik Saat Musim Hujan? Berikut Tips Amannya

Baca Juga:  Berikut Tarif Royalti Lagu yang Harus Dibayar Tempat Karaoke

Melihat peluang usaha ini bakal besar, Ia menambahkan, dirinya dan tim kemudian berpikir mencari platform yang bisa memperluas jaringan pemasaran, baik secara gratis atau berbayar.

Baca Juga: Begini Tips Memilih Meja Makan Sebelum Membelinya, Simak!

Baca Juga: Investasi Bisa Membantu Pertumbuhan Ekonomi di Jawa Barat

“Dari sana lah, pesanan makin meluas. Sejauh ini, jamu racikan asal Kabupaten Purwakarta ini sudah merambah pembeli di belahan Amerika,” ucap Ita

Ita mengakui, digitalisasi UMKM menjadi penting dalam perkembangan usahanya.

“Ketika pandemi seperti ini tentunya pasar global menuntut tidak hanya offline tapi juga online. Masyarakat hari ini sangat senang berbelanja online, makanya pangsa pasar itu harus ditangkap,” ungkapnya.

Ita menyebutkan, jamu yang di produksinya tersebut bagus untuk daya tahan tubuh, meningkatkan imunitas dan sangat bagus saat pandemi Covid-19 seperti sekarang.

Baca Juga:  Ibu Rumah Tangga Ini Nekat Nyaleg, Ini Alasannya

Baca Juga: Pembobolan Mobil Saat Berlangsung Jumatan, Anggota TNI di Indramayu Jadi Korban Pencurian

Baca Juga: Begini Tips Memilih Meja Makan Sebelum Membelinya, Simak!

“Jamu ini bisa di konsumsi baik perempuan maupun laki-laki. Ini untuk meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh, jadi sangat bagus kalau dikonsumsi. Jamu berbahan alami dengan komposisi 6 rempah-rempah ini bisa juga untuk meredakan nyeri dan peradangan,” jelas Ita.

Sementara, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, mengapresiasi UMKM Gentong Geulis yang didirikan Ita Sumanti warga Kabupaten Purwakarta.

Menurutnya, Gentong Geulis salah satu produk UMKM di Kabupaten Purwakarta yang hari ini sedang populer dan berhasil secara management.

“Dari usaha kecil sekarang sudah merambah manca negara, itu berkat ketekunan dan tentu saja strategi pemasaran yang hari ini beradabtasi melalui E-commerce dan ownernya luarbiasa sehingga produk UMKM yang diproduksi langsung di Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta ini ternyata secara Nasional sudah terkenal,” ucap Anne, usai menghadiri launching Gentong Geulis itu.

Baca Juga:  Denny Indrayana Sebut BPN Prabowo-Sandi Habiskan Miliaran Hadapi PHPU di MK

Baca Juga: Bersiap! Empat Zodiak Ini akan Dapat Kejutan di Akhir Bulan Oktober

Wanita yang akrab disapa Ambu Anne itu berharap, mudah-mudahan kiprah yang ditorehkan oleh Gentong Geulis ini bisa diikuti UMKM lain yang ada di Kabupaten Purwakarta.

Ia menegaskan, digitalisasi UMKM adalah kunci penting untuk memasarkan produk UMKM, yang sejatinya merupakan kearifan lokal, agar tembus menuju pasar global, seperti Gentong Geulis ini.

“Di masa pandemi ini, kesehatan dan ekonomi diibaratkan dua pedal sepeda. Keduanya harus bergerak agar bisa berjalan, untuk itu Pemkab Purwakarta Berkomitmen untuk mendorong UMKM yang ada di Purwakarta,” tegas Ambu Anne. (Gin)