Ingin Liburan Asik Saat Musim Hujan? Berikut Tips Amannya

JABARNEWS | BANDUNG – Indonesia saat ini mulai memasuki musim hujan, meski begitu hal ini bukan menjadi halangan bagi kalian yang ingin melakukan travling untuk liburan.

Sudah pastinya bagi yang hobi traveling juga, musim hujan tidal ingin penghalang untuk membatalkan liburan yang sudah direncanakan sejak lama.

Namun, agar liburan di musim hujan tetap asyik, berikut beberpa poin yang dihimpun dari beberpa sumber yang perlu diperhatikan agar liburan di musim hujan tetap nyaman:

Baca Juga: Mendes PDTT Gus Halim: Santri Berperan Besar dalam Menggerakkan Ekonomi Desa

Baca Juga: Luhut: Banyak Sekali Ketertinggalan di Selatan Jawa Barat, Harus Kita Kejar

Baca Juga:  ASN Netral Dong

1. Riset
Cari tahu kondisi alam terburuk saat musim hujan, terutama buat traveler yang memilih untuk menginap di tenda. Misalnya mendaki gunung atau memanjat tebing.

Baca Juga: Sempat Tertinggal PSS Sleman, Di Akhir Pertandingan Persib Unggul 4-2

Baca Juga: Investasi Bisa Membantu Pertumbuhan Ekonomi di Jawa Barat

Cek pula, jadwal buka tutup destinasi wisata. Hal tersebut bisa dilkaukan dengan mencari informasi secara online, sebelum memutuskan perjalanan.

2. Membawa payung atau jas hujan
Pada saat musim hujan tiba, traveler memerlukan perlengkapan yang ekstra juga ketika hendak liburan. Apalagi, buat yang traveling di outdoor. Payung, jas hujan, dan topi menjadi barang wajib buat dibawa.

Baca Juga:  Cegah Corona, Jajaran Polres Cianjur Disuntik Vaksin Covid-19

3. Membawa pakaian hangat
Cek suhu udara terendah destinasi tujuan sebelum berangkat agar enggak salah kostum. Pakaian berteknologi memerangkap suhu badan, jaket, kaus tangan, dan kupluk disarankan untuk dibawa.

Jika bepergian ke dataran tinggi dan tidak ada penghangat ruangan, sleeping bag disarankan untuk dibawa.

Baca Juga: Begini Cara Mencegah dan Menurunkan Hipertensi Menurut dr. Zaidul Akbar, Cukup Dengan Minum Ini

Baca Juga:  Mal di Cirebon Boleh Buka, Pengunjung Anak dan Lansia Tak Boleh Masuk

Baca Juga: Ketinggian Air Terus Meningkat, Warga Terdampak Banjir di Serdang Bedagai Mulai Mengungsi

4. Bawa obat-obatan
Bawa obat-obatan Kondisi kesehatan orang berbeda-beda. Dan pada musim hujan, orang lebih mudah terserang flu dan penyakit musiman lainnya. Karenanya, bawa obat menjadi hal yang penting jika Anda ingin berwisata di musim hujan.

5. Pilih destinasi wisata aman
Beberapa destinasi wisata lebih berisiko untuk dikunjungi ketika musim hujan. Terutama wisata alam yang rawan longsor. Karenanya, cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai destinasi wisata mana saja yang aman untuk dikunjungi selama musim hujan. ***