• Minggu, 28 November 2021

Awas! Musim Hujan, 24 Kecamatan di Kabupaten Bandung Ini Berpotensi Terjadi Longsor

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 19:21 WIB
Ilustrasi - Longsor. (Dok. BNPB)
Ilustrasi - Longsor. (Dok. BNPB)

JABARNEWS | BANDUNG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung mencatat bahwa 24 kecamatan berpotensi mengalami bencana longsor pada musim hujan akhir tahun 2021 ini.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bandung Hendra Hidayat mengatakan, cuaca ekstrem diprediksi melanda kawasan Bandung berdasarkan analisis dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Saat ini, BPBD Kabupaten Bandung pun sudah menetapkan status tanggap darurat. Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi.

Baca Juga: Ade Yasin: Setiap Rumah Haru Sediakan Minimal Dua Tempat Sampah

"Artinya masyarakat yang bermukim di wilayah perbukitan, atau bantaran sungai, agar meningkatkan kewaspadaan berkaitan dengan potensi bencana hidrometeorologi," kata Hendra, Rabu 27 Oktober 2021.

Dia menyebutkan, 24 kecamatan itu ialah Arjasari, Baleendah, Banjaran, Cangkuang, Cicalengka, Cikancung, Cilengkrang, Cileunyi, Cimaung, Cimenyan, Ciparay Ciwidey, Ibun, Kertasari, Kutawaringin dan Margaasih.

Kemudian Nagreg, Pacet, Pameungpeuk, Pangalengan, Paseh, Pasirjambu, Rancabali dan Soreang. Dari 24 kecamatan itu, BPBD mencatat ada 124 desa yang berpotensi menjadi titik longsor.

Baca Juga: Bencana Hidrometeorologi, Warga di Bataran Sungai Kabupaten Bandung Diminta Waspada

BPBD Kabupaten Bandung pun sudah menyampaikan imbauan kewaspadaan itu ke setiap kecamatan dan diteruskan ke setiap desa.

Halaman:

Editor: Yoyo W

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sempat Ricuh, Kapolda Sumut Tinjau Pilkades di Dairi

Sabtu, 27 November 2021 | 12:48 WIB
X