USB YPKP dan Lithan Edu Claas Gelar Kelas Kerjasama Bidang Teknik Informatika

JABARNEWS | BANDUNG – Universitas Sangga Buana (USB YPKP) bersama Lithan Edu Claas menggelar Orientasi Kelas Kerjasama Internasional bidang studi Teknik Informatika, Sabtu, 30 Oktober 2021.

Lithan Edu Claas Pte Ltd adalah anak perusahaan Internasional Lithan, pemilik platform Pan-Asia Claas.

Rektor Universitas Sangga Buana, Dr. H. Asep Effendi R mengungkapkan kerja sama ini akan diwujudkan dalam bentuk pendidikan bersama antara USB YPKP di Indonesia dan Edu Claas di Singapura.

Baca Juga: Kalahkan Petahana, KH Juhadi Muhammad Terpilih Jadi Ketua PWNU Jabar

Baca Juga: Benarkah Produk Jabar Banyak Dilirik Pasar Global? Ini Kata Atalia Praratya

Asep mengatakan, lingkup kerja sama yang disepakati adalah pelaksanaan penyelenggaraan pendidikan yang diselenggarakan bersama kedua belah pihak. Adapun program pendidikan yang disepakati adalah program vocational education, dengan kompetensi software engeneering yang menjadi kompetensi inti program studi Diploma 4 Teknik Informatika USB.

“Program kelas USB-Lithan ini berupa pendidikan selama 4 tahun dengan keunggulan meliputi model perkuliahan Lithan Edu Claas. Kemudian magang project selama 3 tahun pada tahun kedua,” ujar Asep, Di Orientasi Kelas Kerjasama, Sabtu 30 Oktober 2021

Baca Juga:  Biadab! Pria di Cianjur Perkosa Anaknya Kandungnya yang Lagi Tidur

Baca Juga: Uu Ruzhanul Ulum Main Bola di Stadion Mini Kedua Standar Internasional, Disini Lokasinya

Baca Juga: Jimmi Terpilih Kembali Ketua PPP Cianjur, Ini Janjinya

Lebih lanjut dia menjelaskan, nantinya mahasiswa yang magang mendapatkan sallary mulai USD 300-USD 600 dan berijazah resmi. Kelas ini memiliki keunggulan yang belum dimiliki program studi yang lain.

Kerja sama dengan Lithan ini, kata Asep akan memberikan kompetensi dan pengalaman baru, dengan keterlibatan mahasiswa pada proyek-proyek ilmu komputer dari perusahaan Singapura selama tiga tahun.

“Dan ini akan menjadi nilai tambah pengalaman saat memasuki dunia kerja” tukasnya.

Dalam kerjasama ini, untuk calon mahasiswa tahun pertama kuota sebanyak 50 mahasiswa/i, USB memberikan fasilitas kemudahan pembiayaan bagi mahasiswa yang mendaftar ke Kelas International USB-Lithan.

Baca Juga: Datangi Polisi, Keluarga Rokayah TKW Asal Indramayu yang Sakit di Irak Tuntut Pertanggungjawaban

Baca Juga:  Kos-kosan Di Jatinangor Dirazia, Antisipasi Tindakan Asusila

Baca Juga: Tingkat Kesadaran Masyarakat Serdang Bedagai Ikuti Vaksinasi Covid-19 Cukup Tinggi

Pihak USB YPKP berkomitmen agar setiap alumni tak hanya bisa bersaing secara nasional, tapi juga internasional. Salah satu tantangannya adalah soal penguasaan IT 4.0.

Program bersifat internasional ini mempunyai pembekalan dan diberi kesempatan magang oleh lithan di Singapore dan mendapatkan income.

Baca Juga: Datangi Polisi, Keluarga Rokayah TKW Asal Indramayu yang Sakit di Irak Tuntut Pertanggungjawaban

Baca Juga: Tingkat Kesadaran Masyarakat Serdang Bedagai Ikuti Vaksinasi Covid-19 Cukup Tinggi

Orientasi kerjasama Internasional sangga Buana khususunya Direktorat Vocasi dengan Edu Claas Singapore, kedatangan mahasiswa baru sebanyak 50 orang mahasiswa USB dan akan dilaksanakan selama 4 tahun dan mulai berjalan pada 1 November 2021.

Untuk kuota di tahun pertama, hasil kesepakatan dengan pihak educlaas bahwa jumlahnya akan dibatasi sebagai pilot project. Hal tersebut dikarenakan tangtangan yang berbeda dengan program regular. Ini pun menyangkut tentang kesiapan mahasiswa dan Sumber daya manusia.

Baca Juga:  Cuaca Purwakarta Hari Ini: Pagi Berawan, Sore Hujan Petir

Di tempat yang sama, Kepala Prodi D3 Tehnik Informatika Peti Savitri, ST., MT (Dosen Wali) menjelaskan dirinya menyimak dan melihat begitu antusias mahasiwa dalam menyambut program ini.

“Program ini bisa dijalankan dengan baik oleh mahasiswa tidak ada kesempatan yang tidak terlwati dan setelah 4 tahun apa yang mereka harapkan bisa terlaksana,” tandasnya.

Baca Juga: Pusat Investasi Pemerintah Gandeng Oorange Unpad Bina UMKM Jabar

Baca Juga: Gus Halim: Warga Tengger Harus Jaga Adat dan Tetap Inovatif

Disamping itu mahasiswa yang terpilih program ini dari USB YPKP Bandung, Luky Wahyu Kurniawan lululsan SMA PGRI Lembang yang sudah masuk dan terpilih program ini sangat berkesan semoga temen temen yang lain bisa ikut program vokasi ini.

Dalam kegiatan itu, hadir pula Wakil Rektor I Dr. Didin Saepudin, SE., dan Direktur kerjasama Nurhaeni Sikki, S.A.P.,M.A.P.***