Pilot Project Desa Digital Diluncurkan Bjb di Kabupaten Sukabumi

JABARNEWS | SUKABUMI – Bank bjb bersama Pemkab Sukabumi meluncurkan proyek percontohan Desa Digital terkait implementasi akses kuangan digital di Desa Bojong Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi.

Pilot project ini dilaunching akhir Oktober lalu oleh Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri, akhir Oktober 2021 lalu, sebagai salah satu contoh media guna percepatan pemulihan ekonomi masyarakat desa.

Iyos menyebutkan, peluncuran desa digital tidak terbatas pada seremonial saja. Melainkan menjadi media yang dapat mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat desa, terutama di masa pandemi.

Baca Juga:  Soal Unggahan Seruan Jihad Lawan Densus 88, Aswan: Kami Waspada

Baca Juga: Begini Cara Atalia Praratya Tingkatkan Ketahanan Pangan Masyarakat

Baca Juga: Sempat Terlantar di NTT, 8 Warga Purwakarta Berhasil Dipulangkan

“Adapun program Desa Digital tersebut diinisasi oleh bank bjb cabang Pelabuhanratu, berkolaborasi dengan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD), Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD), serta dinas dan stakeholder terkait,” ujarnya.

Sementara Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto menerangkan, konsep Desa Digital mengedepankan pelayanan digital bagi berbagai transaksi keuangan desa yang lazimnya dilakukan secara konvensional. Mulai dari akses kredit perbankan hingga pembinaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Baca Juga:  Balai Besar Banjarmasin Latih Calon Transmigrasi Asal Kabupas

Baca Juga: Apa Benar Ada Obat yang Bisa Mengurangi Mata Minus? Ini Kata dr. Danang Setia Budi

Baca Juga: Begini Cara Mengatasi Mata Minus Menurut dr. Danang Setia Budi

Melalui Desa Digital, masyarakat desa berkesempatan mendapat pembiayaan usaha super mikro lewat Kredit Mesra ataupun mengakses berbagai layanan keuangan di bank bjb lewat akun Laku Pandai.

Baca Juga:  Resep Makanan dan Cara Membuat Rawon Dengan Mudah di Rumah

“Desa Digital adalah salah satu bentuk implementasi inovasi perusahaan untuk menghadirkan kemudahan bertransaksi bagi seluruh masyarakat di berbagai daerah. Ke depannya, bank bjb akan terus mendukung pengembangan Desa Digital lainnya agar bisa menjadi percontohan ekosistem Desa Digital di Jawa Barat, khususnya di Kabupaten Sukabumi,” tambah Widi.

Pada acara tersebut, Wakil Bupati Sukabumi juga mencoba bertransaksi menggunakan aplikasi bjb Digi, QRIS bjb serta melakukan transaksi di agen Laku Pandai bjb Bisa.***