BMKG: Kota Bandung dengan Dataran Minim Perbukitan, Potensi Terjadi Bencana Hidrometeorologi

JABARNEWS | JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung menyatakan wilayah Kota Bandung dengan dataran minim perbukitan pun tak luput dari potensi bencana hidrometeorologi saat memasuki fenomena musim hujan La Nina.

Prakirawan BMKG Bandung Yan Firdaus mengatakan bencana yang berpotensi terjadi di Kota Bandung mulai dari banjir genangan, banjir bandang, hingga angin kencang atau angin puting beliung.

“Sejauh ini kami sudah menghitung adanya peningkatan curah hujan, hingga 20-23 persen, belum sampai ke lebih jauh lagi ya,” kata Yan, dilansir dari Antara, Sabtu 9 Oktober 2021.

Baca Juga:  Puskaji LPPM Unisba Soroti Toleransi Beragama di Indonesia

Baca Juga: Tips Fokus Bekerja di Luar Kantor, Kalian Pernah Coba?

Baca Juga: Oknum PNS Pemkab Cirebon Ditangkap Polisi Karena Kasus Narkoba, Ini Kata Bupati

Menurut dia potensi kerawanan tersebut masih sama dengan tahun sebelumnya saat adanya fenomena La Nina yang meningkatkan intensitas cuaca ekstrem di wilayah Bandung maupun Jawa Barat.

Baca Juga: Sudah 14 Kali Aksi, Emak-emak Pedagang Pasar Jungjan Kembali Duduki Kantor Bupati Cirebon

Baca Juga:  DPR RI Minta Presiden Segera Proses Pengganti Idham Azis

Baca Juga: Yuk Simak! Cara Menanam Seledri dan Merawatnya di Rumah

“Jadi potensinya masih sama seperti tahun kemarin, kategorinya masuknya lemah,” kata dia.

Adapun potensi banjir genangan maupun banjir bandang tentunya rawan terjadi di wilayah yang berdekatan dengan aliran sungai. Dengan curah hujan tinggi, air dari sungai berpotensi meluap.

Selain itu, ia menjelaskan angin puting beliung rawan terjadi di kawasan yang mengalami alih fungsi lahan. Misalnya, kata dia, lahan yang asalnya dipenuhi pepohonan namun beralih fungsi menjadi pemukiman.

Baca Juga:  Deretan Alat Kecantikan yang Kurang Bermanfaat Bagi Kulit Wajah

Maka dari itu, kata dia, yang paling penting adalah bagaimana masyarakat meningkatkan kewaspadaan di mana pun dan kapan pun.

Baca Juga: Bayi Dibawa 2 Tahun Boleh Mengkonsumsi Makanan Pedas? Ini Kata dr. Nadia Alaydrus

“Kewaspadaan juga hingga di rumah masing-masing, termasuk di jalanan juga karena ada juga korban di jalanan, maka kalau ada perubahan cuaca seperti mendung, petir, diimbau segera mencari tempat perlindungan yang kokoh, jangan di alam terbuka,” katanya. ***