Majukan Ekonomi Desa, Bank Bjb Lakukan Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Guna meningkatkan perekomoian masyarakat desa, bank bjb memperkuat kerjasama dengan APDESI Jabar bidang Inklusi Keuangan.

Dalam kegiatan tersebut, bank bjb melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan APDESI di 19 kabupaten/kota di Jawa Barat di Hotel GH Universal Bandung, Senin pekan lalu.

Adapun ruang lingkup dari kerja sama yang dijalin di antaranya meliputi pemanfaatan produk dan jasa layanan perbankan untuk pemerintah desa, pemberdayaan masyarakat desa dan pelaksanaan pelayanan publik melalui pelatihan pengelolaan bisnis, hingga implementasi layanan keagenan bank yang meliputi layanan funding, PPOB, keagenan bjb LakuPandai, dan atau layanan keuangan lainnya.

Baca Juga:  Kabar Baik, Mulai Minggu ini Pertalite Kembali Normal

Baca Juga: Capaian Vaksinasi di Kecamatan Langensari Kota Banjar Rendah, Ternyata Masyarakat Ragukan Vaksin Covid-19

Baca Juga: Begini Tandanya Jika Burung Peliharaan Kalian Akan Mati

“Bank bjb dan APDESI juga menyepakati kerja sama terkait pemanfaatan fasilitas Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) pemerintah desa, pemberian fasilitas pinjaman atau lending kepada pemerintah desa, dan melakukan kolaborasi ATM co-branding dengan APDESI Jawa Barat untuk seluruh kepala desa,” ungkap Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto.

Kartu ATM co-branding tersebut dapat memberikan layanan prioritas untuk kepala desa pada saat akan melakukan transaksi Dana Desa di jaringan kantor bank bjb. Nantinya, para kepala desa dapat mengajukan permohonan kartu ATM Co-Branding tersebut di jaringan Kantor Cabang bank bjb terdekat.

Baca Juga:  BNN Kota Tasikmalaya Himbau Warga Waspada Peredaran Obat PCC

Baca Juga: Waduh! Macan Kumbang Turun Gunung, Mangsa Sembilan Ekor Domba Milik Warga di Panjalu Ciamis

Baca Juga: Gelombang Ketiga Covid-19 Mengintai, Kota Bandung Perketat Libur Nataru

Acara penandatanganan PKS dihadiri oleh Direktur Komersial dan UMKM bank bjb Nancy Adistyasari, Pemimpin Divisi Hubungan Kelembangaan bank bjb Isa Anwari, Kepala OJK Regional 2 Jawa Barat Indarto Budiwitono, Kepala DPMD Jawa Barat Dicky Saromi, Ketua Komisi 1 DPRD Jawa Barat Bedi Budiman, Sekjen APDESI Jawa Barat Asep Anwar Sadat, dan para perwakilan APDESI.

Baca Juga:  Gara-gara Cemburu, Seorang Ibu Muda di Langkat Dibakar Hidup-Hidup

Penandatangan PKS tersebut merupakan tindak lanjut dari Penandatanganan Nota Kesepahaman antara bank bjb denga APDESI pada 15 September 2021. Prioritas kerjasama yang dijalin adalah terkait pemanfaatan produk dan program yang khusus dibuat oleh bank bjb dalam rangka peningkatan inovasi layanan desa dan Bumdes.

“Diharapkan jalinan kerja sama antara kedua belah pihak dapat membantu masyarakat dan pemerintah desa setempat mengakses berbagai layanan keuangan. Sekaligus juga memudahkan pemerintah desa memberi pengelolaan layanan publik kepada masyarakatnya. Sehingga, geliat kemandirian ekonomi desa dapat terakselerasi,” pungkas Widi.***