Peringati HUT Ke-36, SMAN 1 Sukatani Purwakarta Gelar Pameran Seni dan Festival Batik

JABARNEWS | PURWAKARTA – SMAN 1 Sukatani Purwakarta gelar pameran seni rupa dan festival batik, sebagai rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-36 tahun.

Kegiatan pameran seni rupa dan festival batik ini ditujukan untuk melestarikan kebudayaan batik dan sebagai langkah awal untuk menjadi sekolah batik pertama di Kabupaten Purwakarta.

Acara pameran seni rupa dan festival batik ini digelar di SMAN 1 Sukatani yang beralamat di Jl. Jatijajar No. 20 Sukatani Purwakarta, Kelurahan Sukatani, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta, pada 22 November 2021.

Baca Juga: Agar Tidak Makan Berlebihan, Coba Lakukan Cara Ini

Baca Juga: PPKM Akhir Tahun, Kabupaten Bandeng Berencana Terapkan Ganjil Genap Kendaraan

Wida Awaliya sebagai mentor dalam kegiatan pameran seni budaya dan festival Batik berharap dapat menjadikan SMAN 1 Sukatani menjadi sekolah batik yang dapat mengembangkan siswa-siswi mengenal batik lebih luas dan motif batik yang diusung pun lebih milenial dan kekinian.

Baca Juga:  Dikalahkan Persija Jakarta, Mimpi Persib Bandung Puncaki Klasemen BRI Liga 1 Indonesia Kandas

Baca Juga: Di Martapura, Menarmed 1 SY 1 Kostrad Gelar Latihan Alutsista Canggih

Baca Juga: Kisah Pilu Perjuangan Mang Doclo Dari Purwakarta Untuk Mengobati Istrinya yang Stroke

Ia juga menambahkan, siswa-siswi di SMAN 1 Sukatani ini mempunyai potensi dalam bidang kesenian. Karena itu, semoga pengadaan sanggar batik pertama di Purwakarta yang akan dibangun di sekolah ini segera terlaksana di tahun yang akan datang.

Baca Juga: Mobil Damkar Legendaris di Sumedang Hanya Bisa Terparkir Karena Rusak, Pelayanan Terhambat?

Baca Juga: Banjir Rendam Ribuan Rumah di Tebing Tinggi, Total Terdampak Capai 16.683 Jiwa

“Kita paham bahwa pandemi ini memang masih berpengaruh namun hal ini akan menjadi kegiatan baru para siswa-siswi untuk lebih produktif. Bahkan, ini akan menjadi kegiatan baru dan berkelanjutan di sekolah SMAN 1 Sukatani Purwakarta. Semoga kedepannya Pemerintah baik Kabupaten Purwakarta maupun Provinsi bisa memberikan apresiasi khusus kepada para pecinta batik khususnya para pelajar yang sudah pasti akan menjadi generasi penerus bangsa kedepannya” ujar Wida Awaliya.

Baca Juga:  Buaya 2,5 Meter Peliharaan Warga Purwakarta Dievakuasi, Pemiliknya Bingung

Di tempat yang sama, Ketua Acara Kania Lesmanawati mengatakan, kegiatan ini juga menampilkan Readathon (read marathon), dimana di dalamnya terdapat kegiatan peningkatan motivasi literasi siswa dan pencarian bakat Neska Got Talent yang mewadahi seluruh siswa dengan minat dan bakat mereka masing-masing.

“Kegiatan-kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan inovasi, kreasi dan motivasi siswa di sekolah sesuai dengan yang dikatakan oleh Ketua Acara HUT Neska Ke-36,” kata Dra. Kania Lesmanawati saat ditemui tim jabarnews di SMAN 1 Sukatani Purwakarta.

Baca Juga:  Sempat Dikabarkan Hilang, Seorang Nenek di Kota Banjar Ditemukan Tewas dalam Sumur

Baca Juga: Awas! Ini Dia Efek Terlalu Banyak Makan Garam Bagi Kesehatan tubuh Menurut dr. Saddam Ismail

Baca Juga: Polisi Tangkap Pria Timur Tengah Penyiraman Air Keras Pada Wanita Cianjur

Khusus festival batik, Kania Lesmanawati mengatakan acara ini diikuti oleh tujuh puluh lima siswa-siswi SMAN 1 Sukatani. Selain itu, siswa-siswi juga sangat antusias untuk acara tersebut.

“Karena, ini adalah satu momentum mereka setelah hampir 2 tahun belajar di rumah,” sambungnya.

Untuk kegiatan membatik ini, ia juga menambakan bahwa hanya sedikit ditemukan kendala dari siswa yang masih kesulitan membatik teknik tulis. Namun, seiring berjalannya waktu dan dimentori oleh tim kecil Batik Neska para siswa semakin pandai membatik. ***