Jeli Melihat Peluang, Usaha Roti Milik Adik Kakak di Jatinangor Ini Ramai Terus

JABARNEWS | SUMEDANG – Kehadiran dua universitas ternama, yakni Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Padjadjaran (Unpad) membuat Jatinangor dikenal sebagai kawasan pendidikan.

Kondisi tersebut praktis membuat Jatinangor dipadati oleh mahasiswa. Untuk membuka usaha dengan pangsa pasar mahasiswa, Jatinangor sangatlah cocok. 

Sepasang adik kakak, Ono dan Ade mampu melihat peluang tersebut. Keduanya membuka usaha roti bakar dan kukus yang menjadi camilan dengan harga terjangkau oleh kantong mahasiswa. 

Baca Juga: Pletak! Punggung Anak SD di Cihampelas Bandung Ternyata Ditembus Peluru Nyasar

Roti bakar dan kukus ini dinamakan roti Tom & Jerry. Nama usaha roti mereka mengambil dari nama tokoh kartun tikus dan kucing yang sudah terkenal.

Baca Juga:  Herman Suherman Lantik Kembali Ratusan Pejabat Lingkungan Pemkab Cianjur

Buka setiap sore hari, roti bakar dan kukus Tom & Jerry ini berada di Jalan Raya Ciseke, Jatinangor, Sumedang. Setiap harinya, kata Ono, banyak mahasiswa yang membeli. 

“Buka tergantung keinginan, hanya pasti sore mulai pukul 15.00 WIB atau 16.00 WIB sampai dengan pukul 23.00 WIB. Alhamdulillah ramai terus, yang belinya mahasiswa maupun pengguna jalan,” katanya, Selasa 23 November 2021.

Baca Juga: Puji Mendes PDTT, IFAD: Tidak Ada Negara Lain yang Melokalkan SDGs hingga Level Desa

Baca Juga:  Yuk Simak Cara Membersihkan Kloset Duduk yang Kuning

Dia mengaku membuka usaha ini sejak 2008 bermodal gerobak bekas dari kawannya. Sedangkan nama Tom & Jerry diambil karena memang awalnya merasa tersaingi dengan usaha ‘Tahu Spongebob’ yang lokasinya dekat dengan usaha mereka.

“Nama Tom & Jerry juga terinspirasi dari dua jenis ukuran roti yang kami jual, ada yang besar (Tom) dan kecil (Jerry),” ujarnya.

Ada 30 varian rasa di roti bakar dan kukus Tom & Jerry ini, mulai rasa manis, asin, sampai buah. Namun, awalnya varian rasa yang disuguhkan hanyalah rasa cokelat, kacang, strawberry, dan keju. 

Baca Juga:  Berikut Lima Penyebab Diare Pada Kebanyakan Orang

Baca Juga: Menteri ATR dan Menkop Dukung Petani Wajasakti Untuk Tanam Pisang di Lahan TORA Sukabumi

Kini ada tiga varian rasa yang menjadi favorit para mahasiswa di Jatinangor, yakni Chocomaltine, tiramisu, juga green tea. Sedangkan rasa asin, paling favorit ialah kornet keju.

Adapun untuk harganya, roti berukuran kecil dijual dengan harga Rp 5 ribu sampai Rp 10 ribu, sementara ukuran besar dihargai Rp 12 ribu sampai Rp 25 ribu. 

Dalam sehari, roti bakar dan kukus Tom & Jerry terjual 200 roti ukuran kecil dan 50 roti ukuran besar. (Yan)***