Diintruksikan Ridwan Kamil, Team Respons Kemanusiaan Jabar Siap Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru

JABARNEWS | BANDUNG – Setelah mendapat instruksi dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Jabar Quick Response (JQR) langsung mengirim bantuan untuk masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru.

Ketua Harian JQR Reggi Kayong Munggaran melaporkan, JQR langsung membentuk Team Respons Kemanusiaan Jabar untuk Semeru. Tim tersebut beranggotakan pegiat mitigasi yang dibekali peralatan evakuasi dan berkompetensi dalam SAR mission.

“Tidak perlu lama, JQR berangkat pada Minggu 5 Desember 2021 malam dari Bandung. Sebelumnya, dilakukan pemetaan dan rencana operasi dari mulai peralatan yang dibawa, budgeting dan job desc masing-masing personel dan lainnya,” kata Reggi, Senin 6 Desember 2021.

Baca Juga:  Data Pribadinya Dibocorkan Hacker Bjorka, Muhaimin Iskandar: Ini Perang

Baca Juga: Gunung Semeru Meletus, Uu Ruzhanul Ulum Minta Masyarakat Waspadai Gunung Api Aktif di Jabar

Baca Juga: Empat Parpol di Jabar Dapat Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik dari Ridwan Kamil

Adapun bantuan yang sudah disalurkan JQR berupa 10 tenda berukuran besar untuk rumah sakit darurat dan fungsi lain, seperti tenda pengungsian.

“Dari informasi yang didapatkan pada Minggu, sebanyak 5.025 jiwa terdampak erupsi. Ada sekitar 1.200an jiwa mengungsi di tiga kecamatan. Dan fasilitas kesehatan yang penuh oleh korban luka, sehingga kita siapkan tenda untuk rumah sakit darurat,” ucapnya.

Baca Juga:  Tiga Cara Ampuh Membersihkan Nama Dari Daftar Blacklist BI Checking

Baca Juga: Keunikan Desa Siluman di Subang, Warga di Kampung Ini Jago Bahasa Arab

Baca Juga: Live dari Asrama Polisi, Wanita Muda Sempat Curhat di Tiktok Sebelum Gantung Diri

Reggi menuturkan, tim yang sudah berangkat lebih dahulu mengirimkan bantuan sekaligus melakukan pendataan untuk proyeksi pengiriman bantuan selanjutnya.

“Dengan data tersebut, kebutuhan di lapangan akan lebih rinci, tepat guna, dan tepat sasaran. Pengiriman bantuan ke depan dari Jabar akan berdasarkan data yang dihimpun di lokasi,” tuturnya.

Baca Juga:  Darurat Covid-19, Desa Hanjuang Garut Gunakan ADD Bantu Penuhi Pangan

“Rencana operasi tim akan menuju posko di Kantor Bupati Lumajang terlebih dahulu berkordinasi dengan Pusdalop setempat dan memulai proses asesmen,” tambahnya.

Dalam menyalurkan bantuan, JQR pun berkolaborasi dengan sejumlah pihak. Mulai dari Basarnas Jabar, Wanadri, Bikers Brotherhood 1% West Java Chapter, Land Rover Club Bandung (LRCB), bank bjb, Baznas Jabar, sampai Eiger.***