Kampung Kio di Kabupaten Bandung Ini Jadi Daya Tarik Pemberdayaan Masyarakat Desa

JABARNEWS | BANDUNG – Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya mengatakan, keberadaan Kampung Koi di Desa Sukaresmi, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung memiliki daya tarik sendiri.

Menurut Atalia Praratya, pemberdayaan ikan koi yang tengah digemari masyarakat luas menjadi daya tarik dari Desa Sukaresmi di Kecamatan Rancabali. Hal tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan warga setempat.

“Jadi ada yang menarik di kampung ini, namanya kampung koi. Jadi masyarakat membudidayakan ikan koi yang sedang hit. Dan di tempat ini juga tidak hanya pembudidayaan dari pada ikannya, mereka juga memberikan edukasi mengenai pangan yang bergizi. Termasuk juga, di tempat ini, saya melihat kolaborasi yang menghadirkan kampung wisata,” kata Atalia Praraya saat mengunjungi Kampung Koi, Senin 6 Desember 2021.

Baca Juga:  DPD RI Desak Pemerintah Segera Produksi Massal Ventilator

Baca Juga: Diintruksikan Ridwan Kamil, Team Respons Kemanusiaan Jabar Siap Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru

Baca Juga: Gunung Semeru Meletus, Uu Ruzhanul Ulum Minta Masyarakat Waspadai Gunung Api Aktif di Jabar

Atalia Praratya pun meminta 27 kabupaten/kota di Jabar untuk menjadikan Desa Sukaresmi percontohan dalam menyejahterakan masyarakat melalui pemanfaatan lingkungan alam.

“Saya berharap ini bisa menjadi percontohan di kabupaten/kota lain,” ucapnya.

Baca Juga:  Kang Uu Salurkan Bansos Jabar Di Purwakarta

Baca Juga: Empat Parpol di Jabar Dapat Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik dari Ridwan Kamil

Baca Juga: Keunikan Desa Siluman di Subang, Warga di Kampung Ini Jago Bahasa Arab

Saat mengelilingi Desa Sukaresmi, Atalia Praratya melihat kekompakan dari berbagai stakeholders, mulai dari kepala desa, karang taruna, camat, sampai bupati. Mereka bahu-membahu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya melihat bagaimana upaya yang dilakukan secara menyeluruh oleh stakeholders pemerintah kabupaten dan pemerintah setempat dan sampai ke desa, dan warga masyarakat. Saya melihat juga karang taruna bekerja sama, berkolaborasi untuk menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakat,” tuturnya.

Baca Juga:  Kader PDIP Diinstruksikan Jadi Koordinator PKH Kemensos

“Kita perlu sebuah wajah di kabupaten/kota di Jabar yang mampu menggerakkan pemberdayaan masyarakat oleh penguatan kolaborasi masyarakat tersebut,” tambahnya.

Atalia Praratya berpesan kepada masyarakat agar pemberdayaan yang sudah ada bisa terus berjalan.

Baca Juga: Live dari Asrama Polisi, Wanita Muda Sempat Curhat di Tiktok Sebelum Gantung Diri

Baca Juga: Bupati Bandung Dadang Supriatna Pastikan ASN yang Lakukan Pungli Akan Diberi Sanksi Ini

“Jadi mudah-mudahan kegiatan ini tentu saja tidak bisa dilakukan dalam hal kaitannya dengan lomba, tapi bisa terus-menerus secara sustainable dilakukan oleh masyarakat sekitar,” tandasnya.***