Purwakarta Jadi Pilot Project Perkebunan Kelor dan Kemiri Sunan, Ini Lokasi yang Dipilih

Sekjen DPN PPRI H Ivan Kuntoro saat mengunjungi kantor Kementerian LHK di Jakarta.
Sekjen DPN PPRI H Ivan Kuntoro saat mengunjungi kantor Kementerian LHK di Jakarta. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ PURWAKARTA – Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, akan menjadi pilot project perkebunan pohon kelor. Rencananya, di wilayah ini akan dibuka lahan seluas 500 hektare untuk menanam pohon kelor.

Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Perkumpulan Petani Rempah Indonesia (DPN PPRI), H. Ivan Kuntoro mengatakan, selain membuka lahan perkebunan, juga akan dibangun pabrik Teh Kelor siap ekspor.

Baca Juga:  Berkunjung Ke Desa Cikaobandung Di Purwakarta

Ivan menjelaskan bahwa kunjungannya ke kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) di Jakarta pada Senin (20/11/2023) kemarin diantaranya untuk menjajaki kerjasama terkait rencana tersebut. Dalam kunjungannya, Ivan mengaku diterima oleh Staf Ahli Bidang Pangan Kementerian LHK, Indra Exploitasia Semiawan.

Baca Juga:  Libatkan 16 Instansi, Mal Pelayanan Publik Kabupaten Bandung Diujicobakan

Selain pohon kelor, kata Ivan, pihaknya juga akan dibuka perkebunan pohon kemiri sunan seluas 2.000 hektare. Perkebunan kelor direncanakan akan dipusatkan di Kecamatan Maniis dan Tegalwaru. Sementara perkebunan kemiri sunan akan dibuka di Kecamatan Sukasari.

Baca Juga:  Soal Kasus Covid-19, Ema Sumarna Imbau Masyarakat di Kota Bandung Jaga Imunitas dan Kesehatan

Ivan menyebut budidaya kelor dan kemiri sunan memiliki prospek yang cerah di masa depan, terutama dengan tingginya minat masyarakat terhadap daun kelor yang memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan.